12 Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak Harus Dicoba

12 Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak Harus Dicoba Ringkasan terupdate di 2018 pada web wisata waw. Rekomendasi konten yang terbagus untuk tempat Wisata. Tulisan yang berjudul 12 Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak Harus Dicoba, semoga dengan adanya konten ini bisa membantu menemukan tempat liburan yang paling tepat.


Artikel ini untuk anda pembaca setia website kami wisata waw. Dan jangan lupa untuk bagikan juga postingan 12 Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak Harus Dicoba terupdate ini ke media kalian. Agar website wisata waw yang membahas seputar tempat liburan dan website terkait serta kamu mendapat manfaat dari info ulasan Tempat Wisata di ini. Langsung saja baca dan simak mengenai 12 Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak Harus Dicoba di bawah ini yang sudah WisawataWAW ringkas.


Tempat Wisata Kuliner di Boyolali - Pada kesempatan kali ini Aneka Wisata Seru akan merekomendasikan mengenai Tempat Wisata Kuliner di Boyolali, Boyolali merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang dulunya tergabung dalam karesidenan Surakarta dan letaknya yang dekat dengan Surakarta, kota ini merupakan salah satu kota penghasil susu terbaik di Jawa Tengah, susu yang dihasilkan adalah susu sapi yang biasa masyarakat setorkan kepada perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia.

Membahas mengenai tempat wisata kuliner Boyolali, pasti beberapa dari kalian sudah ada yang pernah mencicipiya. Kuliner Boyolali juga memiliki cita rasa yang sangat enak dan lezat. Tempat wisata kuliner Boyolali ini cukup bayak diminati oleh orang lokal ataupun luar daerah. Jadi jika kamu berkunjung ke daerah Boyolali, kamu bisa mampir ke tempat wisata kulinernya yang sangat populer.

Nah, bagi anda yang belum mengetahui apa saja tempat wisata kuliner Boyolali, tak perlu khawatir. Karena disini saya akan membagikan informasi mengenai beberapa tempat wisata kuliner Boyolali yang paling enak dan juga paling populer yang wajib kamu ketahui. beberapa daftar nama tempat wisata kuliner Boyolali Yang Enak dan lezat yang bisa anda kunjungi bersama keluarga.

Baca ini : Tempat Wisata Kuliner Pekalongan Paling Enak dan Murah

Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak Harus Dicoba
Bagi anda yang masih pertama kali datang ke kota ini tak perlu bingung, berikut ulasan daftar wisata kuliner Boyolali yang terkenal lezatnya.

Kuliner Boyolali Sego Tumpang

Sego Tumpang Boyolali

Tempat wisata kuliner Boyolali yang pertama dan juga cukup populer ini adalah warung Sego tumpang. Tahukah kamu bahwa Sego tumpang ternyata adalah nasi yang dibuat dari olahan tumpang atau tempe busuk. Tetapi kalian harus tahu rasa dari kuliner Boyolali yang satu ini sangatlah enak dan patut kamu coba, karena rasanya tidak semengerikan kedengarannya.

Kuliner Boyolali ini dibuat dengan cara menumbuk tempe busuk, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan cabai. Kemudian direbus dan diberi bumbu-bumbu dengan santan hingga matang. Tempe busuk ini sengaja dibusukkan karena akan memberikan rasa khas pada masakan tersebut. Biasanya sego tumpang disajikan dengan sayuran sebagai pelengkapnya.

Kuliner Boyolali Soto Mbok Giyem

Soto Mbok Giyem

Nah selanjutnya yaitu Soto mbok giyem, merupakan tempat wisata kuliner Boyolali yang paling populer. Banyak yang bilang bahwa tempat wisata kuliner Boyolali yang satu ini sebagai penanda kebangkitan usaha kuliner di Boyolali. Karena di tempat wisata kuliner Boyolali yang sangat ramai pengunjungnya ini menyediakan menu yang sangat enak dan lezat sekali yakni Soto khas boyolali.

Di tempat wisata kuliner Boyolali ini soto disajikan dalam mangkuk kecil dengan isian daging sapi atau suwiran ayam, kecambah, ditambah taburan daun seledri dan bawang goring dan juga keripik kentang di dalamnya. Jika kamu ingin mencicipi kuliner Boyolali yang satu ini, kamu bisa langsung datang ke jalan garuda, di selatan pasar sunggingan, tempat wisata kuliner Boyolali ini berhadapan dengan SDN 5 Boyolali.


Kuliner Boyolali Jadah Bakar Boyolali

Jadah Bakar Boyolali

Salah satu contoh kuliner khas Jawa Tengah yang akan kita bahasa disini adalah kuliner yang berasal dari Kabupaten Boyolali, yaitu jadah bakar. Jadah bakar ini terbuat dari beras ketan putih dan kelapa. Nama jadah bakar ini semakin populer sejak adanya jalur Solo ke Borobudur, bila dahulu jadah bakar ini hanya di nikmati oleh masyarakat selo saja sekarang.

Sesudah ada jalur tersebut para wisatawan juga menjadikan jadah bakar ini sebagai makanan yang patut di coba dan dinikmati. Jadah bakar biasanya dibakar di atas tungku arang dan segera dinikmati dalam keadaan panas, cocok ditemani dengan teh manis. Harganya pun cukup terjangkau yaitu Rp 1.500 per potong, benar-benar murah meriah. Selain enak jadah bakar juga sangat mengenyangkan.

Kuliner Boyolali Merbabu Penyet Boyolali

Merbabu Penyet Boyolali

Tempat wisata kuliner Boyolali yang satu ini bentuknya sangat unik, karena ruangannya di desain seperti toko-toko layaknya di film koboi. Tempat wisata kuliner Boyolali yang berdiri pada November 2012 ini, tepatnya berada di Jl. Merbabu, Boyolali. Oleh karena itu dinamakan merbabu penyet boyolali. Di tempat wisata kuliner Boyolali ini menyediakan penyetan dengan sambalnya yang sangat istimewa. Menu yang ditawarkan seperti lele penyet, bebek penyet, ayam penyet dan jamur crispy.

Tetapi menu yang paling favorit di tempat wisata kuliner Boyolali ini adalah bebek penyet dan jamur crispy. Tempat wisata kuliner Boyolali biasanya ramai buka pada jam makan siang dan makan malam. Selain untuk tempat makan, tempat wisata kuliner Boyolali ini juga bisa untuk tempat rapat atau acara-acara tertentu karena tempat wisata kuliner Boyolali ini ruangannya cukup luas. Bahkan harga yang ditawarkan di tempat wisata kuliner Boyolali sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 6.500 – Rp 14.500.

Kuliner Boyolali Nasi Urap Sambal Tumpang

Nasi Urap Sambal

Tempat wisata kuliner Boyolali yang satu ini adalah Nasi urap sambal tumpang. Menu ini disajikan di warung soto nggoper. Selain menyajikan soto di tempat wisata kuliner Boyolali ini juga menyediakan urap dan sambal tumpang tetapi jika orang boyolali menyebutnya sambal lethok yang popularitasnya bahkan mengalahkan menu sotonya.

Urap khas Boyolali atau disebut juga gudhangan ini sangat terasa istimewa karena penyajiannya di atasnya ditambahkan dengan taburan bubuk kacang yang memberikan citarasa khas dan sedap. Bagi kamu yang ingin mencoba Kuliner boyolali yang satu ini bisa datang langsung ke lokasi di jl.sendang lawe, karanggeneng, Boyolali.

Kuliner Boyolali Iga Bakar Boyolali

Iga Bakar

Iga bakar juga adalah menu kuliner boyolali yang juga sangat enak dan paling populer. Dan menu iga bakar yang paling terkenal dan banyak ada di warung iga bakar pak wid yang warungnya berdinding pagar bahan kayu. Tempat wisata kuliner Boyolali ini tepatnya berada di Jl.Merapi, yakni berdekatan dengan pasar boyolali. Patokannya adalah tugu adipura yang terletak di sebelah barat taman sono kridanggo.

Kuliner Di tempat wisata kuliner Boyolali ini iga bakarnya terasa manis dan rasa lainnya tembus hingga daging dan tulangnya. Selain iga bakar boyolali, ada pula iga goreng, babat gongso dan lainnya. Tempat wisata kuliner Boyolali ini buka dari pagi hingga sore. Tetapi, seringkali baru siang tempat wisata kuliner Boyolali ini sudah tutup karena sudah habis dibeli para penggemarnya.

Kuliner Boyolali Jenang Pecel

Jenang Pecel Boyolali

Jenang pecel adalah semacam modifikasi dari pecel sayuran pada umumnya. Pecel tidak lagi disajikan dengan nasi, melainkan dengan jenang. Jenang yang dimaksud disini sebenarnya adalah bubur sumsum (yang terbuat dari tepung beras). Untuk komponen pecelnya sama saja, terdiri dari aneka macam sayuran rebus yang kemudian diguyur dengan sambal kacang. Anda akan menemukan sensasi rasa yang unik ketika pecel yang teksturnya kaya berpadu dengan bubur sumsum yang lembut dan lumer di mulut.

Jenang pecel ini adalah makanan tradisional khas dari Boyolali, tapi sayangnya sekarang sudah makin susah ditemukan. Jenang pecel biasanya dijajakan di warung-warung kecil yang ada di perkampungan penduduk, namun ada juga penjual keliling yang pakai gendongan. Terasa makin sedap ketika disajikan di atas pincuk, alas makan dari daun pisang. Makanan yang merakyat, enak dan murah meriah.


Kuliner Boyolali Rujak Mbah Joko

Rujak Mbah Joko

Rujak mbah Joko juga adalahn salah satu menu yang wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke daerah boyolali. Di tempat wisata kuliner Boyolali ini harga rujaknya juga sangat terjangkau yakni cukup Rp 5.000 saja, kamu bisa menikmati rujak yang segar dan enak. Kamu bisa menemukan gerobak dorongnya Mbah joko di depan bank jateng, bersebelahan dengan taman kota Boyolali. Nah bagi anda yang sedang di Boyolali jangan lupa mencoba kuliner ini ya.

Kuliner Boyolali Bebek Goreng Pak Pinggir


Pak Pinggir

Selama ini kuliner Boyolali lebih identik dengan soto dan sambal lethok (sambal tumpang khas Boyolali). Tapi ternyata ada juga warung makan di Boyolali yang menawarkan hidangan bebek goreng dan ayam kampung goreng berkualitas juara. Nama warungnya adalah Bebek Goreng Pak Pinggir. Lokasinya ada di Jl. Perintis Kemerdekaan, jalur yang dilalui bus antar kota dari arah Solo, dekat dengan Stadion Sonolayu.

Warung ini adalah cabang dari Bebek Goreng Pak Pinggir yang terkenal di Pengging. Sepertinya warung ini belum terlalu lama buka, namun tak sulit untuk menarik pelanggan karena merek ‘Bebek Pak Pinggir’ memang sudah banyak dikenal di Boyolali. Jika datang terlalu sore bersiaplah untuk tidak kebagian bebek gorengnya yang istimewa karena penggemarnya sangat banyak. ‘Bebek Pak Pinggir’ terasa begitu empuk dan sama sekali tidak ada bau anyir yang bisa meruntuhkan selera makan.

Bumbunya meresap ke dalam serat-serat dagingnya namun tak terasa berlebihan. Selain bebek, warung ini juga menawarkan menu ayam kampung goreng yang kualitasnya pun boleh dipuji. Daging yang cenderung keras dan alot khas ayam kampung tak akan anda temukan disini. Ayamnya empuk dengan rasa gurih yang dominan. Sebagai pelengkap andapun bisa memesan hati ampela dan bagian kepala.

Kuliner Boyolali Tahu Susu

Tahu Susu Boyolali

Tahukah Anda, ada kuliner menarik di Kota Susu Boyolali. Yah. Namanya tahu susu. Bagi masyarakat Boyolali, tahu susu bukanlah hal asing lagi, terutama bagi kalangan peternak sapi. Namun, bagi masyarakat umum, mungkin asing dengan namanya tahu susu. Karena memang tidak terjual di pasaran ataupun swalayan. Tahu susu bukanlah makanan yang terbuat dari tahu yang dicampur susu sapi, atau tahu yang bisa mengeluarkan susu.

Namun, kuliner asli Boyolali ini terbuat dari susu sapi yang baru melahirkan. Susu sapi yang baru melahirkan ini tidak laku dijual, selain berwarna kuning juga baunya sangat amis. Tapi kandungan gizinya sangat tinggi. Sayangkan bila dibuang. Masyarakat kemudian mengolahnya menjadi cemilan langka yang hanya didapat saat sapi melahirkan. Cara membuatnya pun tidaklah sulit.

Susu sapi yang baru melahirkan diperas, diberi bumbu tradisional, seperti ketumbar, bawang putih, dan garam. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan dicampur dengan susu sapi. Setelah itu dikukus hingga matang. Setelah matang, baru dipotong-potong sesuai selera dan digoreng. Jadilan tahu susu, kuliner lezat asli Boyolali ini paling enak bila dinikmati saat masih panas mongah-mongah. Jangan lupa, segelas kopi susu bisa menjadi teman yang mantap untuk menikmati tahu susu yang tidak dijual di pasaran ini.

Baca ini : Tempat Wisata di Boyolali yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 12 Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak Harus Dicoba nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.




Sekian dan Terima kasih sudah membaca artikel 12 Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak Harus Dicoba. Semoga artikel dari web
WisawataWAW berguna dan memberi manfaat dalam memilih tempat liburan. Silakan bagikan konten 12 Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak Harus Dicoba tadi ke situs web media anda. Bagikan artikel dari Tempat Wisata melalui media sosial yang ada di bawah. Dan kunjungi Daftar Isi Blog wisata waw untuk mendapat info lengkap terbaru. Demikan dan sekian tentang 16 Tempat Wisata di Cilegon Paling Populer Wajib Dikunjungi. Dan Assalamualaikum pembaca Tempat Wisata.

Credit Image & Source link: http://www.anekawisataseru.net/2017/02/tempat-wisata-kuliner-di-boyolali.html

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "12 Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak Harus Dicoba"

Posting Komentar