25 Tempat Wisata di Cirebon Jawa Barat Paling Hits

25 Tempat Wisata di Cirebon Jawa Barat Paling Hits Referensi terupdate di 2018 via situs WisawataWAW. Rekomendasi konten lengkap terbaik untuk tempat Wisata. Ringkasan yang berjudul 25 Tempat Wisata di Cirebon Jawa Barat Paling Hits, semoga dengan adanya konten ini bisa membantu mencari tempat wisata yang paling tepat.


Tulisan ini untuk anda pengunjung setia website kami WisawataWAW. Dan jangan lupa untuk share juga ringkasan 25 Tempat Wisata di Cirebon Jawa Barat Paling Hits terupdate ini ke media kalian. Agar website WisawataWAW yang membahas seputar tempat wisata dan website terkait serta kamu mendapat manfaat dari info ulasan Tempat Wisata di ini. Langsung saja baca dan simak mengenai 25 Tempat Wisata di Cirebon Jawa Barat Paling Hits di bawah ini yang sudah WisawataWAW ringkas.



Wisata Cirebon - Kabupaten yang merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah ini amat memiliki pesona yang indah. Keindahan pesona alam, budaya dan peninggalan sejarah begitu memberikan kesan bagi siapa saja yang mengunjunginya.





Kalau Anda berkunjung ke kabupaten Cirebon, sayang rasanya jika tak mengunjungi kota yang bernama sama yaitu Cirebon. Kota yang berdampingan dengan kabupaten Cirebon ini adalah kota yang indah dengan keunikan budaya dan peninggalan sejarah yang mempesona. Kota ini berjarak sekitar 222 kilometer dari Jakarta dengan waktu tempuh sekitar 3 jam melewati jalur pantura.


Ada banyak hal yang dapat Anda eksplor di Cirebon karena di tempat ini banyak tempat-tempat indah yang tak dimiliki daerah lainnya. Di sini Anda akan menemukan tempat-tempat wisata mulai dari wisata kuliner, sejarah, religi hingga wisara alam yang begitu indah.


Kota Cirebon juga dikenal dengan kota udang, kota petis dan kota wali. Melihat pesona kota ini Anda akan terpesona dengan bangunan-bangunannya yang unik dan bersejarah. Sedangkan kabupaten Cirebon juga tak kalah indahnya, dengan ibu kotanya Sumber, daerah yang satu ini akan membuat perjalanan wisata Anda begitu mencengangkan. 


Apa saja tempat wisata terbaik di dua daerah yang terletak di provinsi Jawa Barat ini. Kali ini Bang Mamad akan memilihkan tempat wisata terbaik yang dapat Anda kunjungi di Cirebon. Semoga dengan tulisan ini membuat Anda lebih bersemangat untuk mengunjungi daerah yang satu ini.



1. Goa Sunyaragi Cirebon



sumber  : instagram @explorecirebon
Kalau ada tempat wisata paling hits dan piling ramai dibicarakan di sosial media. Salah satunya adalah Taman Sari Gua Sunyaragi. Sebuah gua bersejarah dengan bentuk bangunan yang amat unik. Tempat ini konon dulunya adalah tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya.


Dengan luas wilayah sekitar 15 hektare, taman ini benar-benar akan memanjakan pandangan mata Anda. Bagi Anda yang ingin mengunjungi taman Gua Sunyaragi, objek wisata ini terletak di sisi jalan by pass Brigjen Dharsono tepatnya kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon. 


Tempat ini amat bersih dan nyaman, pengelolaannya lumayan baik. Dengan harga tiket masuk gua Sunyaragi Rp10.000,- Anda telah dapat menikmati keindahan tempat ini sembari mengambil momen-momen dengan latar yang begitu indah. Selain itu, di tempat ini terdapat guide yang cukup berumur namun amat gaul. Guide tersebut akan membuat perjalanan wisata Anda lebih menyenangkan tentunya.


2. Pantai Kejawanan Cirebon



sumber : instagram @iphuddidin
Beranjak dari Gua Sunyaragi Anda dapat menemukan sebuah pantai yang amat indah di Cirebon. Inilah salah satu pantai dengan panorama alam yang begitu indah di tengah geliat pembangunan mall besar di kota Cirebon. Pantai Kejawanan merupakan salah satu tempat terbaik memandangi sunset dengan suasana amat romantis.  


Pantai ini terletak di Jln.Yos Sudarso kelurahan Pegambiran Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon tepatnya dekat dengan Pelabuhan Cirebon dan Ade Irma Traffic Garden Cirebon. Untuk memasuki pantai yang indah ini, Anda hanya dikenakan biaya Rp1.000,- untuk kendaraan roda dua dan empat.


Beragam fasilitas tersedia di tempat ini. Ada warung tempat Anda mengatasi dahaga dan lapar. Adapula fasilitas lainnya yang membuat perjalanan Anda nyaman. Tempat ini sangat indah, sangat layak Anda jadikan tujuan wisata Anda. Apalagi ombaknya tak terlalu besar. Sangat nyaman untuk melakukan aktivitas berenang.



3. Keraton Kasepuhan Cirebon



sumber : trianaredjeki.blogspot.co.id
Bagi Anda pecinta sejarah dan ingin melihat keindahan serta keunikan banguna bersejarah tersebut. Keraton Kasepuhan Cirebon merupakan sebuah bangunan peninggalan sejarah yang masih terawat hingga kini. Keraton ini merupakan salah satu bangunan keraton terindah di Indonesia dan mempunyai daya tarik tersediri bagi para wisatawan.




Memasuki are keraton Anda akan memlihat benda-benda koleksi keraton seperti pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu yang menarik adalah kereta Singa Barong yang merupakan kereta kencana Sunan Gunung Jati. 


Untuk memasuki lokasi Keraton Kasepuhan Anda akan dikenakan biaya masuk Keraton Kasepuhan yaitu Rp20.000,- untuk umum dan Rp15.000,- untuk pelajar. Di dalam Anda akan menemukan pemandu wisata yang mematok harga Rp20.000,- sampai dengan Rp50.000,- untuk setiap rombongan.


4. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani Cirebon



sumber  : instagram @explorecirebon
Mencari taman rekreasi di Cirebon rasanya tak sulit. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani merupakan wana wisata yang begitu membuat aktivitas rekreasi Anda menjadi begitu membahagiakan. Taman rekreasi ini terletak di Jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Tepatnya berada di tepi laut yang menawarkan pemandangan yang mempesona.


Untuk memasuki wana wisata ini Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp50.000,-. Beragam wahana permainan air di tempat ini dapat membuat Anda dan keluarga terhibur. Apalagi tempat rekreasi ini memiliki pemandangan yang amat menakjubkan.


Bicara fasilitas tak usah diragukan lagi. Fasilitasnya amat lengkap. Mulai dari arena bermain air, cottage, mushola, toilet yang bersih hingga food court pun tersedia di tempat ini. Di tempat ini Anda dapat merasakan sensasi menginap di atas laut dengan cottage yang amat unik dan indah. Tertarik ? Silahkan kunjungi temat yang amat menarik ini.



5. Tambak Garam Losari Cirebon




sumber  : instagram @explorecirebon
Berwisata ke tambak garam, rasanya agak aneh. Namun, itulah yang berbeda di Cirebon. Keindahan tambak garam di Cirebon memiliki pesona yang luar biasa. Hamparan ladang garam yang begitu luas menawarkan panorama alam yang begitu unik dan menyamankan. 


Dengan luas sekitar 700 hektare tambak garam ini dapat menjadi tempat bersantai terbaik dan lokasi yang amat indah jadi latar belakang foto Anda selanjutnya.



6. Danau Setu Patok Cirebon




sumber : instagram @explerecirebon
Nah, kalau di Sumut ada Danau Toba, maka di Cirebon ada Danau Setu Patok yang menawarkan pemandangan yang tak kalah indahnya. Danau ini terletak di Desa Setupatok yang merupakan sebuah desa di kecamatan Mundu, kabupaten Cirebon. Berjarak 23,3 kilometer dari kota Cirebon dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.




Waduk Setu Patoj Cirebon amat mempesona. Apalagi kala senja tiba keindahannya terpancar indah berpadu dengan warna senja yang syahdu. Selain itu ketika musim kemarau tiba, di tengah danau ini terdapat sepuah pulau yang dapat Anda kunjungi dengan menyewa rakit Rp20.000,- sekali penyeberangan. 


Pesona keindahan Setu Patok akan membuat perjalanan wisata Anda sangat menarik. Sayang rasanya jika tempat seindah ini dilewatkan. Apalagi di sekitar tempat ini tersedia fasilitas penunjang wisata yang akan membuat perjalanan wisata Anda lebih nyaman lagi.



7. Masjid Raya Cirebon



sumber : thetravelearn.com
Berwisata bukan berarti melewatkan ibadah ?. Bagi Anda yang beragama islam mengunjungi objek wisata religi seperti masjid memberikan khasanah wisata berbeda tentunya. Apalagi masjid di setiap daerah itu memiliki keindahan yang berbeda.




Jika Anda berkunjung ke Cirebon, maka jangan Anda lewatkan masjid raya nan megah ini sebagai destinasi wisata utama Anda. Masjid Raya At-Taqwa yang merupakan kebanggan masyarakat kota Cirebon ini terletak di Jl. RA. Kartini No. 2, kelurahan Kebonbaru kecamataan Kejaksan, kota Cirebon. Mengunjungi masjid ini akan memberikan suasana tersendiri bagi perjalanan Anda.



8. Light Garden Festival Cirebon




sumber  : instagram @explorecirebon
Salah satu event tahunan yang harus Anda jadikan hal yang ditunggu di Cirebon adalah Light Garden Festival. Event ini menyulap kawasan mall terkemuka di Cirebon menjadi taman lampu yang terlihat begitu indah. Event yang kerap diadakan awal tahun ini amat layak untuk Anda nantikan di Cirebon.




9. Alun-Alun Kota Cirebon



sumber : jabar.tribunnews.com
Alun-alun kota Cirebon merupakan salah satu tempat indah untuk menikmati kota Cirebon. Di kelilingi beberapa bangunan indah seperti masjid Agung Cirebon dan bangunan bersejarah lainnya. Selain itu Anda dapat menikmati beragam kuliner di tempat ini. Banyak penjual makanan di tempat ini membuat tempat ini merupakan salah satu tempat yang amat recomended untuk Anda kunjungi.





Alun-alun kota Cirebon merupakan tempat terbaik untuk bersantai. Pusat keramaian kota Cirebon terletak di jalan Kartini kelurahan Kebonbaru kecamatan Kejaksan kota Cirebon. Berlokasi tepat berada di depan masjid Agung At-Taqwa.




10. Wisata Sejarah Bank Indonesia Cirebon



sumber : cirebonmedia.com
Objek wisata sejarah satu ini amat layak untuk dijadikan destinasi wisata sejarah yang cukup menarik di Cirebon. Bangunan tua ini terletak di JL. Yos Sudarso, No. 5-7, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Menjadikan bangunan ini sebagai latar belakang foto Anda selanjutnya adalah hal menarik dan amat sayang jika di lewatkan.



11. Wisata Kuliner RM Kelapa Manis, Gronggong



sumber : instagram @dimas_navasphotography
Ingin berwisata kuliner yang lezat sekaligus melihat pemandangan yang indah. Di kabupaten Cirebon ada tempat seperti itu. Tempat tersebut tak lain adalah RM Kelapa Manis, Gronggong. Rumah makan ini berada di bukit yang terletak di bukit Gronggong desa Patapan kecamatan Beber kabupaten Cirebon.


Di siang hari Anda akan disuguhkan pemandangan indah kota Cirebon. Sedangkan di malam hari Anda akan merasakan suasana romantis nan syahdu dari tempat ini. Berbagai menu dengan harga terjangkau di tempat ini membuat dahaga dan hasrat kuliner Anda seketika terpuaskan. Tempat makan yang amat ini sangat recomended bagi Anda ingin berwisata kuliner yang tak biasa di Cirebon.




12. Wisata Belanja Batik Trusmi Cirebon




sumber : ededan.com
Bagi Anda yang gemar berbelanja, di Cirebon juga terdapat pusat wisata belanja yang amat sayang di lewatkan. Pusat Belanja yang berada tak jauh dari Simpang Empat Plered ini merupakan sentra batik grosir dan oleh-oleh khas Cirebon. 


Batik Cirebon yang khas dengan motif yang indah dan warna yang cerah mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Tak ayal tempat ini semakin hari semakin populer. Tempat ini berada di dalam administrasi desa Weru Lor, kecamata Weru atau yang lebih dikenal Plered yang berada di kabupaten Cirebon.


Tak hanya pusat wisata belanja di tempat ini Anda juga dapat berwisata kuliner khas Cirebon yang super lezat. Tak lengkap tentunya jika berwisata tanpa membawa oleh-oleh. Nah, tempat ii merupakan tempat terbaik untuk mencari cinderamata untuk Anda bagikan kepada sanak saudara.


13. Wisata Kuliner Pasar Kue Setu Cirebon




sumber : ariechicarito.blogspot.co.id
Berwisata kuliner di Cirebon dapat dilakukan dengan mengunjungi tempat yang satu ini . Pasar Kue Setu Cirebon terletak di Desa Setu yang masih berada dalam kecamatan Plered. Berbagai jenis kue kering, permen, kerupuk, makanan anak-anak, dan kue basah serta ribuan jenis jajanan ringan lain bertumpuk di pasar ini. Salah satu tempat membeli oleh-oleh terbaik di Cirebon dan wajib untuk dikunjungi.





14. Lapangan Golf Ciperna




sumber : instagram @sela.kcl
Bermain golf sambil menikmati pemandangan nan indah tentu amat menarik. Itulah hal yang Anda temui jika berkunjung ke Lapangan Golf Ciperna yang terletak di jalan Raya Cirebon-Kuningan, Ciperna, kecamatan Talun, kabupaten Cirebon. 




Tak hanya bermain golf, di kawasan wisata yang memiliki luas sekitar 300 hektare ini Anda dapat menikmati objek wisata lainnya seperti rumah kebun, hotel berbintang, danau buatan dan perkebunan mangga gedong gincu, srikaya, atau tanaman jenis lainya. Tempat ini akan memanjakan Anda tentunya dan sangat sayang untuk dilewatkan. 


15. Wisata Kura-Kura Belawa



sumber : travelingyuk.com
Inilah kawasan wisata yang merupakan kawasan konservasi hewan legendaris yaitu kura-kura. Kura-kura unik yang amat jarang Anda temui di tempat lainnya. Objek wisata kura-kura Belawa ini terletak di Desa Belawa kecamatan Lemahabang kabupaten Cirebon. Berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Cirebon.


Bagi Anda yang ingin melihat hewan yang berusia ratusan tahun, maka tempat ini amat layak Anda kunjungi. Dengan koleksi sekitar 200 ekor kura-kura, tempat ini akan memberikan edukasi dan pengalaman berharga bagi perjalanan wisata Anda.


16. Keindahan Situ Sedong Cirebon




sumber : Hello-PET.com
Di kala senja tiba, tempat ini menawarkan hal yang amat indah. Pemandangan matahari tenggelam di ufuk barat tergambar begitu indah. Apalagi tiupan angin membuat siapa saja yang berada di danau Situ Sedong terasa begitu sejuk.




Danau seluas 62,5 hektare ini tak kalah indahnya dengan danau toba. Hal yang menarik dilakukan di danau ini adalah memancing. Di jamin tak akan pernah bosan karena selain dapat ikan Anda akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa.  Situ Sedong terletak di kecamatan Sedong yang berjarak sekitar 26 kilometer dari pusat kota Sumber Cirebon.


17. Hot Spring Banyu Panas Palimanan




sumber : instagram @psuryodwi
Ingin merasakan mandi di air panas alami yang sumber mata airnya berpindah-pindah. Maka banyu panas Palimanan adalah pilihan tepat untuk Anda kunjungi. Tempat yang terletak di jalan raya Cirebon-Palimanan, tepatnya masuk ke dalam wilayah desa Palimanan Barat kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon.

Beragam fasilitas wisata di tempat ini akan membuat Anda yang gemar berenang menjadi bahagia tentunya. Kolam renang yang ada dan fasilitas penunjang seperti ruang ganti, toilet dan mushola membuat berkunjung ke tempat ini terasa nyaman.


Untuk memasuki kawasan wisata Banyu Panas Palimanan Anda akan dikenakan tiket masuk Rp4.000,- perorang dan di tambah Rp6.000,- bagi Anda yang ingin berendam. Sama halnya dengan pemandian air panas lainnya, berendam di tempat ini dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit.


18. Hutan pinus Cipaniis Kabupaten Cirebon



sumber : mulpix.com
Akhir-akhir ini kawasan hutan pius menjadi salah satu primadona bagi para pecinta foto. Salah satunya adalah hutan pinus Cipaniis yang terletak di Desa Paniis, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. 




Berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Cirebon. Kawasan ini merupakan salah satu kawasan camping ground terbaik di Cirebon dan tempat favorit muda-mudi memadu kasih ataupun para pasangan yang melakukan foto pra-wedding.


19. Hutan Wisata Plangon
sumber : donymagazine.com
Mungkin kawasan monkey forest di Bali tak asing lagi bagi Anda. Ternyata di Cirebon juga terdapat tempat wisata menyediakan hal yang mirip dengan tempat tersebut. Objek wisata ini terletak di Desa Babakan, Kecamatan Sumber kabupaten Cirebon. 




Di tempat ini Anda dapat berinteraksi dengan hewan primata dan berziarah ke makam tokoh penting di Cirebon yakni makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan. Kawasan seluas 48 hektare ini dapat menjadi alternatif Anda yang sedang mencari tempat yang sunyi dan indah di Cirebon.



20. Wanawisata Ciwaringin



sumber : webwisata.com
Wanawisata Ciwaringin terletak di desa Ciwaringin kecamatan Ciwaringin kabupaten Cirebon. Berjarak kira-kira berjarak 17 km dari Kota Sumber. Bagi Anda yang ingin melihat langsung bagaimana bentuk pohon kayu putih, nah pohon tersebut tumbuh banyak dan menjadi icon tempat ini.





Cirebon, daerah yang satu ini akan memberikan sensasi pengalaman berwisata yang indah. Makanya akhir-akhir ini begitu banyak yang mengunjunginya. Banyak sekali tempat indah yang akan membuat Anda bahagia. Nah, semoga tulisan Bang Mamad ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang bingung mencari tempat wisata di Cirebon. Jangan lupa, tetap jaga kelestarian pesona alam Indonesia.





Sekian dan Terima kasih sudah membaca ringkasan 25 Tempat Wisata di Cirebon Jawa Barat Paling Hits. Semoga ringkasan dari situs WisawataWAW berguna dan memberi manfaat dalam memilih tempat wisata. Silakan share konten 25 Tempat Wisata di Cirebon Jawa Barat Paling Hits tadi ke situs web media anda. Bagikan artikel dari Tempat Wisata melalui media sosial yang ada di bawah. Dan kunjungi Daftar Isi Blog WisawataWAW untuk mendapat informasi lengkap terbaru. Demikan dan sekian tentang 16 Tempat Wisata di Cilegon Paling Populer Wajib Dikunjungi. Dan Assalamualaikum pembaca Tempat Wisata.

Credit Image & Source link: http://bangmamadi.blogspot.com/2017/03/25-tempat-wisata-di-cirebon-jawa-barat.html

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "25 Tempat Wisata di Cirebon Jawa Barat Paling Hits"

Posting Komentar