35 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

35 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi Referensi terbaru di setiap tahun pada web WisawataWAW. Rekomendasi konten yang terbaik untuk tempat Wisata. Artikel yang berjudul 35 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu mencari tempat liburan yang paling tepat.

Artikel ini untuk kamu pembaca setia web kami WisawataWAW. Dan jangan lupa untuk bagikan juga postingan 35 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi terbaru ini ke media kalian. Supaya web WisawataWAW yang membahas seputar tempat liburan dan website terkait serta kamu mendapat manfaat dari info ulasan Tempat Wisata di ini. Langsung saja baca dan simak mengenai 35 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi di bawah ini yang sudah WisawataWAW ringkas.


Tempat Wisata di Balikpapan - Balikpapan merupakan sebuah kota di Kalimantan Timur, Indonesia. Balikpapan memiliki penduduk sebanyak 701.066 jiwa, yang merupakan 22 % dari keseluruhan penduduk Kaltim. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Meskipun kota ini dijuluki dengan kota Minyak karena kota yang penghasil minyak terbesar di Indonesia, tetapi di balikpapan memiliki banyak tempat-tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Perekonomian kota ini bertumpu pada sektor industri yang didominasi oleh industri minyak dan gas, perdagangan dan jasa. Kota ini memiliki bandar udara berskala internasional, yakni Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan serta Pelabuhan Semayang selain pelabuhan minyak yang dimiliki Pertamina.

Di sektor perdagangan, pemerintah kota melindungi pengusaha lokal Balikpapan dengan membentuk peraturan daerah yang tidak lagi menerbitkan izin kepada toko modern seperti minimarket dari luar kota untuk beroperasi di Balikpapan. Selain itu pemerintah kota juga akan mengatur jarak dan jam operasional setiap minimarket sehingga pengusaha lokal dapat bersaing di tengah kompetisi yang semakin ketat.

Tempat wisata yang paling terkenal di balikpapan yang sering dikunjungi wisatawan, yaitu Pantai Kemala dan Pantai Manggar. Tetapi mungkin jika Anda menyukai wisata alam, maka tempat terbaik yang dapat Anda datangi adalah Hutan Lindung Sungai Wain, sebuah hutan tropis yang sangat alami dan adalah rumah bagi sejumlah flora dan fauna langka di dunia.

Baca ini : Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi
Nah itulah sedikit perkenalan mengenai kota balikpapan yang ada di kalimantan timur, Nah pada kesempatan kali ini Aneka Wisata Seru akan mengajak anda untuk berkeliling ke tempat-tempat wisata terbaik yang ada di Balikpapan.

1. Tempat Wisata Alam Hutan Bakau Margomulyo di Balikpapan









Hutan Bakau Margomulyo

Nah ini merupakan tempat wisata yang perlu anda kunjungi, Hutan Mangrove Margomulyo terletak di Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat, kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur atau juga dekat dengan pusat kota Balikpapan.

Kawasan mangrove ini merupakan hasil pembebasan lahan yang dilakukan oleh kota Balikpapan untuk dijadikan kawasan konservasi tumbuhan bakau. Di objek wisata ini Anda juga akan mendapati sebuah jembatan yang indah yang terbuat dari sebuah kayu yang cukup panjang sekitar 800 meter.

Di hutan bakau Margomulyo pengunjung dapat menyaksikan panorama keindahan alam yang sangat mempesona, di mana tempat wisata ini juga memiliki sebuah menara intai yang terlihat sangat cantik, yang bermanfaat untuk menyaksikan aneka macam burung yang hidup dan tinggal di dalam hutan bakau Margomulyo tersebut.

Pepohonan hijau yang rindang yang menghiasi kawasan wisata tersebut, menjadi pemandangan yang luar biasa indah, dan membuat udara di kawasan tersebut sangat sejuk dan segar. Di objek wisata hutan bakau ini sangat terjaga kebersihannya sehingga di sana Anda tidak akan menemukan sedikit pun sampah yang di buang sembarangan.

2. Tempat Wisata Caribbean Island Water Park Di Balikpapan









Caribbean Island Water Park

Caribbean Island Water Park merupakan salah satu objek wisata taman air paling besar yang ada di Indonesia bagian timur yang menawarkan berbagai macam wahana permainan air yang sungguh sangat menarik untuk Dikunjungi.

Lokasi wisata Caribbean Island Water Park terletak berada tepat di jalan Kol. Syarifuddin Yoes II kota Balikpapan, di mana wisata Caribbean Island Water Park ini adalah destinasi wisata paling favorit untuk di kunjungi para wisata keluarga yang berada di jantung kota Balikpapan tersebut.

Selain itu di wisata ini Anda juga dapat menikmati pesona pemandangan dari salah satu pondok yang terbuat dari kayu, sambil menjaga sang buah hati yang lagi asik bermain, atau apabila Anda gemar dan suka sekali berenang, Anda bisa ikut bermain dalam kolam renang tersebut.

Untuk biaya masuk ke tempat wisata ini Anda harus membeli tiket masuk Caribbean Island Waterpark sebesar Rp 45 ribu per orang atau Rp 25 ribu per orang untuk pelajar. Di akhir pekan, harga tiket masuk berlaku sama untuk semua tingkatan umur yaitu Rp 60 ribu per orang.

3. Tempat Wisata Pantai Lamaru di Balikpapan









Pantai Lamaru

Pantai Lamaru merupakan obyek wisata yang terletak di Desa Teritip, Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Manggar Segara Sari. Pantai ini menghadap ke arah Laut Sulawesi dan memiliki pasir putih.

Pohon-pohon rindang turut berjajar di pinggiran pantainya. Ombaknya juga cukup bersahabat sehingga memungkinkan pengunjung untuk bermain, berenang ataupun berolahraga air lainnya. Namun pada bulan-bulan tertentu bisa terjadi ombak yang besar sehingga tidak aman bagi pengunjung.

Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan makanan dan minuman di pantai ini karena penjual makanan dan minuman di area Pantai Lamaru sudah dilokasikan pada beberapa bangunan khusus. Tempat parkir kendaraan berada di tengah area wisata sehingga terlihat rapi. Fasilitas lain yang tersedia di kawasan pantai ini adalah toilet, kamar ganti pakaian dan mushola.

Untuk harga tiket masuk Anda harus membayar tiket masuk Pantai Lamaru sebesar Rp 2 ribu per orang. Jika Anda membawa kendaraan, maka akan dikenai tarif sebesar Rp 2.500 (roda dua), Rp 5 ribu (roda empat), dan Rp 15.000 (bus).

4. Tempat Wisata Pantai Kemala di Balikpapan









Pantai Kemala

Pantai Kemala atau juga yang di kenal dengan sebutan pantai Polda atau juga Kemala Beach ini merupakan sebuah objek wisata pantai yang ada di kota Balikpapan yang cukup ramai di kunjungi oleh para wisatawan, terlebih lagi jika hari libur tiba, pastinya Pantai Kemala ini akan sangat ramai di padati oleh wisatawan.

Pantai ini terletak di daerah pusat kota Balikpapan, tepatnya di seputaran Jln. Jend Sudirman, Balikpapan Selatan,di pantai ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah apalagi jika anda menikmati keindahan sunrise dan sunset pantai ini akan lebih indah lagi. Anda juga bisa menikmati permainan banana boats, dengan membayar Rp.25.000,00 per orangnya, atau Anda juga dapat menyewa sebuah jet ski sekitar Rp.800.000,00 per orang selama 1 jamnya.

Selain itu di kawasan tempat wisata Pantai Kemala ini juga memiliki berbagai macam restoran yang menyuguhkan aneka macam makanan yang sangat lezat, sembari menikmati pemandangan di Pantai Kemala Anda bisa menyantap hidangan yang di suguhkan di restoran tersebut.

Untuk biaya tiket masuk, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Kemala ini sebesar Rp 5000 per orang. Jika Anda membawa kendaraan, maka dikenai tarif Rp 1000 (kendaraan roda dua) dan Rp 2 ribu (kendaraan roda empat).

5. Tempat Wisata Pantai Manggar Segarasari di Balikpapan









Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segara Sari merupakan sebuah objek wisata pantai yang paling ramai di padati oleh para wisatawan setiap harinya, di mana pantai ini telah menyuguhkan keindahan pemandangan laut yang sangat eksotis yang bisa Anda nikmati sepuasnya, tidak hanya itu saja, di pantai manggara segara sari ini Anda juga bisa menikmati wisata pantainya sambil menikmati segala fasilitas yang di suguhkan di kawasan wisata ini.

Pantai Manggar Segarasari terletak di Kelurahan Manggar dan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kabupaten Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Pantai Manggar Segarasari terletak kurang lebih 15 kilometer sebelah timur Kota Balikpapan.

Beberapa fasilitas permainan yang di buat khusus untuk memberi kepuasan bagi para pengunjungnya juga bisa Anda nikmati sampai puas, misalnya saja dengan permainan layang-layang, jet ski, permainan bola, banana boat, volley pantai, berenang, bermain perahu ban, hingga fasilitas bersepeda. Atau jika Anda hanya ingin menikmati pantai manggar segara sari yang lebih santai, Anda bisa duduk di bawah pepohonan hijau di sekitar pantai tersebut.

Untuk biaya tiket masuk Pantai Manggar Segara Sari sebesar Rp 1.000 per orang. Jika membawa kendaraan, akan dikenai tarif Rp 2.500 (roda dua), Rp 5 ribu (roda empat), dan Rp 15 ribu (bus).

6. Tempat Wisata Hutan Lindung Sungai Wain di Balikpapan









Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan tropis yang masih belum dijamah tangan-tangan jahil manusia yang ada di Balikpapan yaitu Hutan Lindung Sungai Wain. Dengan luas hutan sebesar 10 ribu ha, Di lokasi ini, pengunjung juga dapat menikmati treking pendek dengan melintasi jalur sepanjang 400 meter di atas titian kayu, yaitu jembatan panjang yang ada di dekat waduk air sungai wain.

Pengunjung juga bisa menikmati treking sepanjang 3Km sambil melihat-lihat beberapa tumbuhan langka, seperti Kantung semar. untuk dapat menikmati aneka ragam tumbuhan dan juga hewan langka seperti beruang madu, pengunjung perlu mendapat izin dari pihak pengelola.

Berlokasi di KM 23 Jalan Balikpapan -Samarinda, tersedia empat paket kunjungan yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan pengalaman wisata di tempat ini. Paket ini dibedakan berdasarkan jumlah tamu yang ingin berwisata di kawasan hutan lindung. Biayanya mulai dari Rp 350 ribu rupiah untuk Paket A (1-6 tamu).

7. Tempat Wisata Penangkaran Buaya Teritip di Balikpapan









Penangkaran Buaya Teritip di Balikpapan

Tempat wisata yang menjadi pusatnya penangkaran buaya ini berada di kota Balikpapan, di mana ada ribuan jenis ekor buaya yang bisa Anda temukan. Objek wisata ini yang sudah beroperasi sejak tahun 1991 di atas lahan seluas 5 hektar ini juga menyuguhkan kegiatan yang sangat menarik, di mana Anda bisa memberi makan buaya-buaya yang ada di tempat wisata tersebut.

Dipenangkaran ini anda akan mendapati berbagai spesies buaya yang jumlahnya ada sekitar 1.450 ekor buaya. Yang mana hal ini di mulai dari buaya muara sampai ada buaya yang berjenis dua spesies buaya yang kini terancam kepunahannya, yaitu buaya air tawar dan juga buaya supit.

Apabila Anda sudah cukup puas menyaksikan beberapa buaya yang sedang menyantap makanan yang Anda berikan, Anda juga bisa menunggangi gajah lampung untuk di ajak berkeliling sambil menyaksikan buaya yang berkeliaran bebas di kawasan wisata tersebut.

Tempat wisata ini bisa Anda kunjungi mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore, dan untuk bisa masuk ke objek wisata penangkaran buaya teritip ini Anda harus membayar tiket sebesar Rp.10.000 per orangnya. Sekian ulasan berlibur ke penangkaran buaya teritip di Balikpapan.

8. Tempat Wisata Monpera Balikpapan









Monpera Balikpapan

Inilah tugu yg jadi simbol keberanian rakyat Balikpapan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Monpera ini berada di pusat kota Balikpapan, terletak di Jl. Jenderal Sudirman (di depan markas Makodam VI Tanjung Pura). Monumen ini mempunyai latar belakang pantai berpasir putih & dikelilingi taman yg tertata apik.

Di lantai bawah monumen ini, terdapat satu buah museum mungil & di sektor belakangnya ada panggung terbuka. Terhadap sebanyak program atau event kusus, tidak jarang diadakan pertunjukan-pertunjukan tradisional di ruang wisata Balikpapan yg satu ini. Buat akan masuk ke monumen, Kamu mesti membayar ticket masuk kendaraan se gede Rupiah 1000 (kendaraan roda dua) & Rupiah 2 ribu (kendaraan roda empat).

Naik ke lantai tiga museum, terdapat patung juga sebagai replika wajah dari keenam pejuang kemerdekaan asal Sumsel. Pula ada koleksi baju Instansi baik sipil ataupun militer yg diperlukan keenam tokoh perjuangan dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

9. Tempat Wisata Taman Bekapai di Balikpapan









Taman Bekapai

Taman Bekapai yang merupakan salah satu taman kota ini berada tepat di jalan Protokol, di mana taman bekapai ini ruangannya terbuka untuk publik yang menjadi satu-satunya tempat bersantai yang berada di tengah kehidupan perkotaan yang cukup ramai.

Sebuah taman yang bernama Bekapai yang letaknya ada di jantung kota Balikpapan merupakan salah satu tempat santai yang paling pas yang menyuguhkan panorama pemandangan yang sangat indah, apalagi jika Anda berkunjung ke tempat ini di malam hari, gemerlap lampu yang berwarna-warni akan menemani suasana santai Anda di Taman Bekapai. selain itu di taman ini ada Wifinya loh, agar lebih mudah untuk mengakses internet di taman ini.

Di taman ini terdapat sebuah monumen yang dilengkapi dengan air mancur. Pada malam hari air mancur ini disorot dengan berbagai macam cahaya berwarna warni, sehingga menimbulkan efek seperti semburan minyak bumi yang keluar dari tanah.

10. Tempat Wisata Pantai Melawai di Balikpapan









Pantai Melawai

Pantai Melawai berada tidak jauh dari Pantai Kemala. Meskipun lokasi kedua tempat wisata ini tidak jauh namun suasana yang ditawarkan cukup jauh berbeda. Jika Pantai Kemala terkesan mewah dengan hidangan ala Eropanya, di pantai ini Anda bisa menikmati kuliner dengan harga yang lebih terjangkau.

Ada banyak penjual makanan di sekitar pantai, menu yang ditawarkan beragam mulai dari bakso, pecel lele, es kelapa dan masih banyak lagi. Waktu yang tepat untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di Balikpapan ini adalah saat sore hari menjelang malam.

Pada saat itu, penjual makanan sudah ramai menggelar dagangannya. Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam sambil bersantai menikmati makanan Anda dengan duduk lesehan di atas tikar yang telah disiapkan. Nah bagaimana indah kan? pantai melawai ini.

11. Tempat Wisata Pasar Kebun Sayur di Balikpapan









Pasar Kebun Sayur

Pasar Kebun Sayur adalah pusat kerajinan tangan di Balikpapan. Tempat ini dapat disebut pula sebagai pusat oleh-oleh Balikpapan, tempat di mana Anda dapat membawa pulang cinderamata seperti kerajinan dari batu-batu permata, manik- manik, batik motf ampik, dan kerajinan tradisional Dayak (mandau dan senjata lainnya).

Terletak di Jl. Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan, Anda dapat mengunjungi tempat wisata di Balikpapan yang satu ini setiap hari. Pasar Kebun Sayur pada umumnya buka sejak pukul 8 pagi hingga 6 sore WITA. Jika Anda ingin mendapatkan makanan khas Balikpapan, sebut saja amplang kuku macan, maka Anda dapat menemukannya di Pasar Kebun Sayur.

12. Tempat Wisata Bukit Bangkirai di Balikpapan









Bukit Bangkirai

Jika anda ingin berwisata di akhir pekan, kawasan wisata alam Bukit Bangkirai yang terletak di Kecamatan Samboja mungkin dapat dijadikan pilihan liburan bersama keluarga, relasi atau kekasih. Di kawasan Bukit Bangkirai ini, wisatawan dapat menikmati suasana hutan hujan tropis yang masih alami dan bahkan kicauan burung dan suara-suara satwa hutan lainnya pun masih dapat didengarkan.

Kawasan Bukit Bangkirai yang luasnya mencapai 1.500 hektare ini merupakan kawasan hutan konservasi yang mempunyai peran penting untuk mengembangkan monumen hutan alam tropika basah yang dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan lingkungan dan kehutanan.

Sebagai kawasan wisata alam, berbagai sarana dan prasarana telah dipersiapkan bagi para wisatawan yang datang seperti restoran dengan menu yang cukup bervariasi, lamin untuk pertemuan yang mampu menampung 100 orang, serta penginapan berupa cottage dengan fasilitas AC maupun jugle cabin, yakni cottage yang tidak dilengkapi fasilitas listrik sehingga wisatawan yang menginap disitu dapat merasakan suasana hutan yang sebenarnya.

13. Tempat Wisata Hutan Wanawisata di Balikpapan









Hutan Wanawisata Balikpapan

Hutan Wanawisata merupakan salah satu kawasan hutan lindung dengan banyak pepohonan khas Kalimantan. Tempat wisata ini cocok digunakan sebagai lokasi piknik bersama keluarga. Bawalah tikar Anda dan nikmati kesejukan piknik di dalam hutan. Jangan lupa untuk membawa bekal karena tidak ada penjual makanan di kawasan ini.

Selain piknik, Anda juga bisa jogging dan trekking menjelajah hutan. Jika membawa anak kecil, ada permainan anak seperti perosotan dan ayunan.Tempat wisata di Balikpapan ini memang tepat untuk rekreasi keluarga. Hutan Wanawisata berjarak sekitar 300 atau 400 meter dari Jalan Soekarno Hatta, km 10. Jalannya yang berkerikil memberikan tantangan tersendiri ketika memasuki daerah ini.

Pohon-pohonya yang rindang memberikan suasana yang dingin. Selain koleksi spesies pohon lokal yang langka, Hutan Wanawisata juga dapat digunakan untuk mengadakan acara berbagai kelompok. Sebuah ruang luas juga disediakan di daerah ini.

14. Tempat Wisata Kampung Atas Air Margasari di Balikpapan









Kampung Atas Air Margasari

Kampung Atas Air Margasari ini menawarkan pemandangan rumah yang terbuat dari material kayu serta terletak di atas air, adapun transportasi yang dipakai di sini yaitu perahu motor. Area perkampungan di sini didirikan sejak tahun 2000 serta telah menjadi bagian dari kawasan wisata menarik yang ada di kota Balikpapan.

Anda pun bisa bersantai sejenak di gazebo sembari berinteraksi bersama warga setempat yang telah tersedia. Bagi Anda yang gemar memancing, jangan ragu membawa alat untuk memancing dan Anda pun bisa memancing langsung di atas jembatan yang terbuat dari kayu di perkampungan ini. Di malam hari, suasananya akan menjadi lebih indah berkat lampu-lampu yang dipasang di perkampungan dan lampu dari kilang minyak.

Kampung ini memang berbatasan dengan buffer zone kilang minyak. Tepat di belakang kampung, terdapat jembatan lingkar beton yang menghubungkan kampung atas air ini dengan daratan. Jembatan ini menjadi spot favorit untuk memandangi hutan mangrove di sekitar kampung. Nah bagaimana bagus kan tempat wisata di kampung Atas Air Margasari.

15. Tempat Wisata Militer Angkasa AirSoft Gun Area Balikpapan









Militer Angkasa Air Soft Gun

Wisata Militer Angkasa Air Soft Gun Area ini merupakan salah satu jenis hiburan yang menantang andrenalin dan tentunya menantang keberanian anda dalam hal permainan “laki laki”. Cakupan area yang cukup luas, dan dengan suasana alam sungguhan, membuatnya sangat menarik untuk dijadikan lapangan permainan air soft.

Wisata yang satu ini agak berbeda dengan yang ada di tempat lain dan termasuk ke dalam wisata militer. Bagi anda yang menyukai olahraga air soft gun, di kota Balikpapan bisa anda temukan perkumpulan pecinta air soft gun bernama Balikpapan Beruang Madu Airsoft Detacement yang biasa disingkat menjadi BBMAD.

16. Tempat Wisata Pasar Klandasan di Balikpapan









Pasar Klandasan Balikpapan

Pasar Klandasan terletak tidak jauh dari pantai. Dengan begitu Anda tak hanya bisa berbelanja di pasar ini, melainkan juga bisa sekaligus menikmati Tempat wisata di Balikpapan berupa panorama wisata alam pantai. Jika Anda keluar menuju bagian belakang di pasar Klandasan ini, Anda pun akan menyaksikan sebuah pemandangan laut nan eksotis.

Di pasar ini terdapat aneka barang rumah tangga, buah, makanan, pakaian, ikan segar dan juga sayuran. Harga yang ditawarkan di Pasar Klandasan pun tergolong sangat terjangkau. Harga barang yang dijual lebih terjangkau dan Anda juga masih bisa menawar harga di sini.

17. Tempat Wisata Gunung Dubs di Balikpapan









Gunung Dubs Balikpapan

Gunung ini sebetulnya adalah dataran tinggi di Kota Balikpapan. Di mana terdapat kompleks perumahan pertamina yang juga tak jauh dari kilang minyak. Pemandangan kota tampak cantik di malam hari. Suasana alam sejuk dan pemandangan indah. Di pinggir jalanan banyak ditemui pepohonan yang rindang sehingga kawasan ini terasa sejuk.

Lampu-lampu kota terlihat menawan dari Gunung Dubbs, dari sini kita juga bisa melihat semacam drum raksasa tempat hasil perkilangan minyak Pertamina. Pada malam hari anda akan melihat pemandangan yang luar biasa indahnya dari tempat ini. Bersantai di daerah ini merupakan idaman bersama yang sangat menyejukkan hati dan pikiran. Udara yang bersih dan suasana yang rindang dapat anda jadikan hiburan tersendiri untuk anda.

18. Tempat Wisata Taman Tiga Generasi di Balikpapan









Taman Tiga Generasi

Taman Tiga Generasi merupakan taman yang selalu ramai dikunjungi setiap liburan. Taman ini menjadi tempat berkumpulnya keluarga dari berbagai tempat. Tempat wisata balikpapan kalimantan timur masih jarang orang ketahui. Taman Tiga Generasi banyak dikunjungi oleh keluarga yang ingin bersantai.

Taman ini selalu ramai pengunjung, khususnya di akhir pekan. Taman ini juga menyediakan refleksi kaki batu timbul, bagi para orang tua yang memiliki masalah dengan kesehatan juga bisa berjalan di atas batu timbul tersebut untuk melancarkan peredaran darah. Nah taman ini cocok buat anda yang ingin sekedar refresing bersama keluarga tercinta.

19. Tempat Wisata Bungker Jepang di Balikpapan









Bungker Jepang Balikpapan

Semasa berkuasa, di daerah kawasan wisata di Balikpapan tepatnya di daerah Pantai Lamaru dan Pantai Manggar, tentara Jepang sempat membangun banyak bunker di sana. Sejauh ini, telah ditemukan 20 bunker dan 8 bunker diantaranya masih dalam kondisi yang sangat baik.

Dan benda peninggalan kuno inilah yang juga menjadi tempat wisata di Kota minyak ini. Situs bersejarah itu tersebar di berbagai lokasi, bahkan ada yang tepat berada di pinggir jalan serta pusat keramaian sehingga menjadi hambatan dalam mengoptimalkan potensi wisata sejarahnya.

20. Tempat Wisata Rumah Adat Balikpapan









Rumah Adat Balikpapan

Tempat wisata yang wajib anda kunjungi yaitu Rumah Panjang atau Rumah betang adalah nama rumah ada balikpapan yang memang cukup menarik untuk di simak. Yang menarik dari rumah ini adalah banyaknya anggota keluarga yang mendiaminya, tercatat bisa adalah lebih dari 10 rumah tangga yang mendiaminya.

Hingga bahkan ada ratusan orang yang mendiami rumah ini. Wisata adat ini wajib dikunjungi bagi anda yang berkunjung di Balik papan. Ini merupakan tempat wisata di Balikpapan yang memiliki histori yang bagus, Bagaimana indah kan rumah adatnya.

21. Tempat Wisata Balikpapan Super Blok 









Super Blok Balikpapan

Balikpapan super block adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar yang terdapat di daerah balikpapan, ia merupakan surganya bagi para wanita ataupun pasangan yang ingin menikmati wisata belanja. Boleh dibilang ini merupakan salah satu mall yang cukup ternama di balikpapan. Di tempat ini anda dapat memuaskan keinginan belanja anda. BSB didirikan pada tahun 2009. Dan mempunyai 7 lantai.

22. Tempat Wisata Monumen Mathilda di Balikpapan









Monumen Mathilda Balikpapan

Monumen Mathilda ini terletak di Jalan Yos Sudarso, tepatnya berada di tepi jalan Minyak wilayah Pertamina. Menurut pemerintah setempat, keunikan dari Sumur Mathilda tersebut, karena ia merupakan bukti artefaktual eksplorasi minyak bumi pertama di Indonesia.

Sumur Mathilda adalah sumur minyak pertama yang ada di kota Balikpapan. Sumur ini pertamakali ditemukan oleh penjajah Belanda pada tanggal 10 februari 1897 yang bertempat di dekat pelabuhan Semayang kota Balikpapan. Akan tetapi sekarang sumur tersebut telah ditutup karena tidak menghasilkan minyak mentah lagi dan kini sumur Mathilda oleh pemerintah di jadikan monumen.

23. Tempat Wisata Lapangan Merdeka Balikpapan









Lapangan Merdeka Balikpapan

Lapangan merdeka adalah salah satu jenis tempat wisata Balikpapan yang dapat anda nikmati untuk berkumpul bersama keluarga dan anak anak anda. Lapangan ini sangat asri untuk anda jadikan tempat wisata murah. Dalam perkembangannya tempat wisata ini banyak dikunjungi pada hari libur pada pagi hari hingga sore dan sabtu minggu.

Lapangan merdeka memang bukan dikhususkan untuk tempat olahraga ataupun tempat rekreasi. Tetapi memang warga Balikpapan biasanya akan memadati Seputaran dan Sekitar wilayah lapangan merdeka. Dari anak-anak sampai orang tua semua ada dengan waktu-waktu yang berbeda-beda, semua menikmati dengan kesesuaian waktu mereka.

Dilengkapi dengan jogging track jalan raya beraspal membuat lapangan merdeka menjadi tempat tujuan berolahraga untuk jogging, dan ini adalah olahraga ringan yang paling banyak di lakukan di lapangan merdeka.

Ditambah lagi dengan tiga lapangan berumput yang membuat anak-anak senang bermain bola. Ada unit Volley, Basket dan Sepakbola serta hoki yang menjadi satu unit. Dengan adanya para pedagang jajanan dan makanan membuat lapangan merdeka menjadi tambah semarak, seakan-akan menjadi tempat rekreasi mingguan, pasar tumpah. Atau bisa dikatakan menjadi tempat wisata kuliner dan permainan untuk keluarga.

24. Tempat Wisata Pantai Banua Patra









Pantai Banua Patra

Pantai Benua Patra terletak di Jl Perapatan, Balikpapan Kota ini memiliki batu-batu karang dan sangat ramai menjelang sunset. Tak heran jika pantai ini juga disebut dengan Pantai Batu-Batu Benua Patra. Di pantai ini tidak ideal untuk berenang, relatif berbahaya karena banyak batu karang disekitar pantai.

Berbeda dengan umumnya pantai di pesisir Kota Balikpapan lainnya yang terdiri dari hamparan pasir, di Pantai Banua Patra banyak dijumpai batu-batu alam yang berukuran besar, yang melindungi garis pantai di ujung semanjung Balikpapan dari abrasi laut. Sebetulnya pantainya indah, tapi sayangnya tidak terawat dengan baik. karena Banyak sampah yang terbawa arus laut di pantai ini.


25. Tempat Wisata Danau Cermin Lamaru Balikpapan









Danau Cermin

Tempat wisata di Balikpapan ini adalah tempat yang benar-benar sayang untuk kamu lewatkan. Terutama bagi kamu yang masih baru di Balikpapan. Selain masih alami, Danau cermin juga menawarkan pemandangan yang sungguh memanjakan mata. Danaunya yang begitu bening sebening kaca dan juga hutan asri yang menghijau disekelilingnya. Danau Cermin terletak di Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur. Danau ini juga dikenal dengan nama Danau Rawamangun.

26. Tempat Wisata Batan Ulin Kariangau Balikpapan









Batan Ulin Kariangau

Batan Ulin Kariangau atau Jembatan Ulin Kariangau berada di Kelurahan Kariangau, Kecamatan Balikpapan Barat, kurang lebih 11 km dari pusat kota Balikpapan. Jembatan ini merupakan jembatan yang terbuat dari kayu ulin sepanjang 800 meter dan lebar 2 meter. Kayu ulin dikenal sebagai kayu besi karena sangat kuat.

Di salah satu ujung jembatan terdapat perkampungan nelayan tua, di kiri jembatan terdapat hutan bakau yang sering dimanfaatkan sebagai tambak oleh penduduk setempat. Sementara itu, di sisi kanan jembatan Anda dapat melihat pemandangan lepas ke Teluk Balikpapan. Ujung jembatan ini sendiri mengarah ke laut lepas. Sayang sekali jika Anda tidak menyusuri jembatan ini hingga ujungnya.


27. Tempat Wisata Waduk Manggar Balikpapan









Waduk Manggar

Tempat Wisata waduk yang indah dan cocok untuk anda yang doyan berselfie ria. Namun objek wisata alam yang terletak di Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara ini terkadang mengalami krisis air pada saat tertentu. Satu lagi, kamu dilarang berenang di tempat ini. Karena merupakan sumber air bersih yang dipasok ke kota balikpapan oleh PDAM. Yang menarik dari Waduk manggar ini adalah jembatan kayunya yang tentu akan membuat latar belakang fotomu makin keren.

28. Tempat Wisata Kebun Raya Balikpapan 









Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan Berada di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain. Terletak di Jl. Soekarno Hatta KM 15, Kel. Karang Joan, Balikpapan Utara. Kawasan wisata yang masih dalam tahap pembangunan ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Balikpapan yang menawarkan udara segar untuk menghilangkan kepenatan di sela rutinitas. Belum begitu banyak yang bertandang ke tempat wisata yang satu ini.

29. Tempat Wisata Mahavihara Buddhamanggala Balikpapan









Mahavihara Buddhamanggala

Nah Tempat suci umat Budha ini merupakan salah satu destinasi religi yang menarik di Kota Balikpapan yang pantang kamu lewatkan. Banyak daya tarik yang ditawarkan oleh salah satu tempat wisata di Balikpapan ini, misalnya: Candi Modern, Patung Budha Tidur serta tempat nyaman untuk bermeditasi. Disini adalah area bebas asap rokok, jadi buat kamu yang ngepul, dimatikan dulu rokoknya sebelum memasuki kawasan vihara. dan ini juga cocok buat ambil foto dengan view patung budha ini.

30. Tempat Wisata Kuliner Ikan Bandeng Non Duri Balikapapan









Ikan Bandeng Non Duri

Salah satu kuliner khas dari Balikpapan yang banyak diburu wisatawan adalah ikan bandeng tanpa duri. Kalau anda berwisata ke Balikpapan, tak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi menu yang tak hanya lezat, namun kaya gizi ini. Ikan yang mengandung protein, bagus untuk otak kita. Selain itu pengolahan makanan ini yang masih alami tanpa bahan berbahaya menjadi salah satu hal yang penting diketahui para pecinta kuliner, pastikanlah bahan ikannya masih segar dengan pengolahan yang sempurna. Rasanya enak sekali.


31. Tempat Wisata Ruko Bandar Balikpapan









Ruko Bandar

Ruko Bandar merupakan lokasi café serta restoran yang masih ada di tepian pantai, pusat Kota Balikpapan. Ini merupakan salah satu pilihan lokasi ngulineran yang asyik dan romantis. Selain makanan yang lezat, daya tarik tempat ini antara lain adalah makan malam dengan penerangan lilin kecil.

Untuk menikmati menu yang ada di sini, kita tak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Cukup dengan uang sebesar Rp 17.000,- sampai dengan Rp 35.000,- perut akan kenyang terisi makanan. Alamat : kawasan Jalan Sudirman.

32. Tempat Wisata Mie Soba Lada Hitam Balikpapan









Mie Soba Lada Hitam

Selain seafood ada juga mie khas Balikpapan, yaitu mi soba lada hitam. Mie soba lada hitam juga sangat recommended untuk anda yang sedang mencari wisata kuliner Balikpapan. Mie soba lada hitam ini bentuk mie-nya sedikit lebih besar dai mie-mie biasanya. Mie soba lada hitam ini dipadukan dengan saus hitam yang melumer di setiap lembaran mie-nya yang membuat mie ini sangat menggugah selera.

Toping untuk menghiasi mie soba lada hitam ini bisa dipilih sesuai dengan yang anda suka, rasanya dijamin enak banget dan anda tidak akan menyesal. Selain seafood anda juga harus mencoba mie yang satu ini ya. Ternyata di Balikpapan ini tidak hanya seafood yang menjadi ciri khas kulinernya, ternyata ada mie-nya juga. Jika anda bekunjung ke Balikpapan jangan lupa untuk mencicipi mie soba lada hitam khas Balikpapan ya.

Baca ini : Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Menarik Dikunjungi

Demikian artikel mengenai 35 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda menyukai artikel ini anda bisa membagikan artikel ini ke Media Sosial Facebook, Twitter, Google+ dan lain-lain, Terima Kasih Atas Kunjungannya.


Sekian dan Terima kasih telah membaca ringkasan 35 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi. Semoga ringkasan dari web WisawataWAW berguna dan memberi manfaat dalam memilih tempat liburan. Silakan bagikan artikel 35 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi tadi ke situs web media anda. Bagikan artikel dari Tempat Wisata melalui media sosial yang ada di bawah. Dan kunjungi Daftar Isi Blog WisawataWAW untuk mendapat informasi lengkap terbaru. Demikan dan sekian tentang 16 Tempat Wisata di Cilegon Paling Populer Wajib Dikunjungi. Dan Assalamualaikum pembaca Tempat Wisata.

Credit Image & Source link: http://www.anekawisataseru.net/2016/09/tempat-wisata-di-balikpapan-yang-wajib-dikunjungi.html

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "35 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar