14 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi

14 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi Acuan terbaru di 2017 pada situs WisawataWAW. Rekomendasi konten lengkap terbaik untuk tempat Wisata. Artikel yang berjudul 14 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi, semoga dengan adanya ringkasan ini bisa membantu mencari tempat wisata yang paling pas.


Ringkasan ini untuk anda pengunjung setia web kami WisawataWAW. Dan jangan lupa untuk share juga postingan 14 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi terbaru ini ke media kalian. Agar web WisawataWAW yang membahas seputar tempat wisata dan website terkait serta kamu mendapat manfaat dari info ulasan Tempat Wisata di ini. Langsung saja baca dan simak mengenai 14 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi di bawah ini yang sudah wisata waw rangkum.


Tempat Wisata di Purwakarta - Mungkin sobat Aneka Wisata Seru sedang ingin liburan ke berbagai wilayah di Indonesia tetapi bingung mau milih kota yang ingin sebagai tujuan wisata anda, jangan khawatir, tempat wisata di Purwakarta banyak yang menarik loh, banyak wisata alamnya.

Sebelum kita membahas mengenai tempat wisata di Purwakarta yang paling populer, mending kita bahas dulu apa itu kota Purwakarta, Purwakarta merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat yang berjarak sekitar 80 km ke timur Jakarta, sebagaimana kabupaten lain di Jawa Barat.

Purwakarta juga dikenal dengan budaya Sundanya yang kuat Untuk urusan tempat wisata, Purwakarta tak boleh dipandang sebelah mata. Kabupaten ini punya banyak potensi wisata daerah yang cukup menarik. Yang paling baru adalah Taman Sri Baduga yang diklaim sebagai taman air mancur terbesar di Asia Tenggara.

Baca ini : Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi
Nah, tempat wisata di daerah Purwakarta juga tak kalah istimewa dengan wisata lainnya. Tempat-tempat yang dapat menjadi tujuan liburan anda bersama keluarga. Dan tentunya akan menjadi momen istimewa bagi kamu sekeluarga. Berikut tempat-tempat wisata istimewa di Purwakarta yang cocok banget buat jadi tujuan wisata.

1. Tempat Wisata Alam Curug Cipurut Purwakarta

Curug Cipurut

Tempat wisata yang pertama yaitu Cipurut, merupakan nama sebuah curug  yang berada di Kabupaten Purwakarta. Curug ini berada di kaki Gunung Burangrang dan berada di Kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang sehingga pengelolannya dipegang oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jabar I dengan bantuan dari warga desa setempat. Curug ini cukup terkenal di Purwakarta.

Curug cipurut sendiri tidak terlalu besar. Kita bisa dengan bebas berdiri di dekat air terjun karna volume airnya tidak terlalu tinggi sehingga tidak terlalu beresiko Tebing batu di air terjun ini cukup unik. Bentuknya mirip undakan anak tangga.

Fasilitas yang dimiliki curug ini sudah cukup lengkap termasuk warung makan, shelter, trail kayu untuk memudahkan para pengunjung serta area camping ground. Warung-warung di sekitar air terjun ini biasanya hanya akan buka pada hari libur saja. Lokasi air terjun ini berada di Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota Purwakarta.

Untuk biaya ticket masuk anda bakal dikenai biaya ticket masuk sekitaran Rp 3000 per orang. sedangkan biay aparkir kendaraan roda dua sebesar Rp 1000 serta kendaraan roda empat Rp 2000.

2. Tempat Wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta

Waduk Jatiluhur Purwakarta

Tempat wisata kedua yaitu Waduk Jatiluhur merupakan objek wisata bendungan yang ada di Provinsi Jawa Barat. Objek wisata bendungan ini terletak di Kecamatan Jatiluhur dan secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Purwakarta. Dari Kota Purwakarta, wisatawan yang ingin berkunjung ke waduk ini harus menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 9 kilometer.

Fasilitas wisata di Waduk Jatiluhur juga sudah dikembangkan dengan cukup serius. Banyak fasilitas wisata yang ada di sekitar danau seperti bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang dengan water slide, ruang pertemuan hingga hotel sebagai sarana penginapan.

Di waduk ini memang banyak sekali terdapat beragam jenis ikan yang bisa ditangkap dan salah satunya adalah ikan keramba jarring apung yang juga dibudidayakan di kawasan ini. Anda dapat memancing di siang hari ataupun di malam hari. Biasanya saat malam hari suasana di waduk ini semakin ramai karena para pengunjung setelah memancing dapat menikmati hasil tangkapannya seperti ikan bakar yang lezat.

3. Tempat Wisata Alam Situ Wanayasa Purwakarta

Situ Wanayasa Purwakarta

Situ Wanayasa merupakan sebuah danau yang berada di Kecamatan Wanayasa. Lokasi danau alami ini tak terlalu jauh dari Curug Cipurut serta sumber air panas alami Ciracas. Dari waduk ini kita bisa melihat pemandangan Gunung Burangrang.

Pemandangan sekitarnya sangat indah, anda bisa menikmati aneka permainan di sini. Anda bisa menikmati keliling danau dengan menaiki kapal bebek kayuh atau mungkin memancing ikan bahkan warga sekitar biasa menggunakannya untuk jogging. . Danau ini memiliki sebuah pulau di tengahnya.

Selain itu pula telah dibuat juga jembatan semi permanen yang menghubungkan dari sisi ke pulau kecil yang terletak ditengah situ, sehingga kini pulau kecil yang berada ditengah situ dapat dicapai pengunjung dengan mudah, dimana dalam tahun yang sama telah dilakukan pula penataan taman ditengah Situ tersebut, antara lain penyediaan beberapa tempat duduk yang dapat dipakai pengunjung untuk bersantai.

4. Tempat Wisata Waduk Cirata Purwakarta

Waduk Cirata Purwakarta

Waduk Cirata merupakan salah satu tujuan wisata di Kabupaten Purwakarta yang sudah banyak dikenal masyarakat luas. Waduk yang mempunyai luas kurang lebih 43 ribu hektar ini sebenarnya terletak di tiga kabupaten, yaitu kabupaten Bandung, kabupaten Purwakarta dan kabupaten Cianjur.

Waduk ni menawarkan pemandangan yang alami dan asri serta udara yang sejuk dan segar yang jauh dari perkotaan. Bagi anda yang sehari-hari berkecimpung di daerah perkotaan, suasana waduk cirata cocok untuk refreshing anda.

Di tempat ini anda bisa memancing di waduk, yang terkenal banyak ikan-ikan besar. Di sekeliling waduk juga banyak wisata kuliner yang menyajikan menu seperti ikan bakar, nasi liwet dan juga sate maranggi. Untuk menuju ke objek wisata ini, anda bisa melalui beberapa alternatif rute.

Jika anda dari arah Jakarta, keluar tol Jatiluhur, sampai pertigaan belok kanan menuju kota kecamatan Plered. Jika dari arah bandung, anda keluar tol di Cikalong wetan, lanjut menuju ke waduk. Atau jika anda dari Cianjur, anda lebih baik lewat Cikalong Kulon.

5. Tempat Wisata Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

Air Mancur Sri Baduga

Ini dia Taman Sri Baduga Purwakarta memiliki taman air mancur di dalamnya yang tidak kalah mengagumkan dengan tempat wisata lainnya di Indonesia. Air Mancur Sri Baduga merupakan taman air mancur yang terbesar di Asia Tenggara dan memiliki pertunjukan air mancur yang mengagumkan.

Air mancur setinggi 6 meter dapat menyembur dengan indahnya ke angkasa dipenuhi dengan warna-warni lighting yang menghiasinya. Berbagai warna pelagi menghiasi keindahan air mancur sri baduga tersebut dengan drama-drama maupun pertunjukan teater lainnya di tengah taman air mancur.

Kawasan wisata yang dibuka pada hari tertentu ini menyajikan pertunjukan air mancur hanya pada hari jumat dan sabtu malam setiap akhir pekan. Ada 2 sesi pertunjukan air mancur juga di setiap hari pertunjukannya. Maka tidak heran kawasan ini akan menjadi ramai dan padat pada hari-hari tersebut. Lokasi Kampoeng Maranggi berada tepat di seberang pintu masuk Taman Sri Baduga. Taman Sri Baduga sendiri dibangun di kawasan Situ Buleud.

6. Tempat Wisata Alam Sumber Air Panas Ciracas Purwakarta

Air Panas Ciracas

Sumber Air Panas Ciracas berjarak kurang lebih hanya 8 km dari Situ Wanayasa. Sumber Air Panas Ciracas berlokasi di kaki bukit, dikelilingi oleh pepohonan dan hamparan sawah. Di sekitar lokasi, Anda bisa melihat hamparan perkebunan teh yang terlihat hijau di kiri kanan jalan sejak simpang empat Legokhuni menuju Desa Ciracas.

Di tempat ini terdapat 12 titik sumber mata air panas, beberapa diantaranya berada diantara pematang sawah milik masyarakat. Mandi di sumber air panas tersebut dipercaya dapat mengobati penyakit kulit, rematik, pegal-pegal, dan sebagainya.

7. Tempat Wisata Giri Tirta Kahuripan di Purwakarta

Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan merupakan sebuah Agrowisata yang berada di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Di tempat ini terdapat berbagai fasilitas seperti villa, arena outbond, ATV, kolam angsa, taman anggrek, taman burung, lapangan futsal, camping ground hingga meeting room.

Selain berbagai wahana permainan di alam yang tersedia, yang paling disukai oleh pengunjung adalah skypool yang terkesan berbatasan dengan langit dalam bidikan foto. Penataannya yang seolah berada di ujung daratan dengan view perbukitan sejuk merupakan panorama yang indah.

Resort Giri Tirta Kahuripan berada di Desa Taringgul Tonggoh, Kec. Wanayasa, Purwakarta. Resort ini pula yang menjadi salah satu andalan wisata di Purwakarta. Para pelancong, khususnya dari Jakarta, kerap menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata. Sajian lingkungannya asri dan alami, jauh dari hiruk-pikuk keramaian pusat kota.

Tempat berenang ini memang letaknya di atas bukit. Inilah mengapa kolam renang di Resort Giri Tirta Kahuripan menjadi objek paling ngehits bagi para wisatawan. Tiket masuk kolam renang dengan view indah ini hanya Rp. 50.000.

8. Tempat Wisata Desa Sajuta Batu Purwakarta

Desa Sajuta Batu

Desa Sajuta Batu merupakan wisata alam di Purwakarta yang cukup unik. Tempat ini terletak di desa Pasanggrahan, kecamatan Tegalwaru. Kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung diantaranya jelajah desa dengan alam perbukitan dan sawah yang hijau, memancing, panjat tebing di gunung Parang serta olah raga offroad dan bumi perkemahan yang menarik.

Lokasi ini paling sering digunakan sebagai tujuan liburan pelajar dan anak muda atau fotografer panorama dan pre wedding. Dengan suasana khas pedesaan Purwakarta, terdapat berbagai objek wisata yang tersedia di Desa Wisata Sejuta Batu ini, diantaranya wisata rekreasi dan jelajah desa dengan suguhan keindahan alam yang masih asli, trekking dan lain-lain.

9. Tempat Wisata Kampung Andir Purwakarta

Kampung Andir

Sebagian besar masyarakat Jawa Barat merupakan suku sunda. Demikian juga dengan Purwakarta. Di Purwakarta ada sebuah perkampungan sunda yang bisa kita kunjungi jika ingin mengenal lebih jauh adat sunda. Perkampungan tersebut dikenal nama Kampung Andir. Lokasinya berada di Desa Cianting, Kecamatan Sukatani.

Warga sekitar sana lebih mengenal perkampungan ini dengan Kampung Baru. Lokasi kampung ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari Jalan Raya Plered. Akses menuju jalan ini masih berupa tanah liat, bukan aspal. Deretan rumah adat sunda akan menyambut kedatangan kita di Kampung Andir

10. Tempat Wisata Gunung Parang Purwakarta

Gunung Parang

Gunung Parang berlokasi di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tempat ini berdekatan dengan Waduk Jatiluhur. Gunung Parang merupakan gunung batu andesit yang mempunyai titik kulminasi 963 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terdiri dari tiga puncak yang masing-masing memiliki perbedaan ketinggian.

Medan vertikalnya seolah menantang para pemanjat (baik dari dalam maupun luar negeri) untuk turut merasakan rock climbing di Gunung Parang. Jika anda saat tiba di Puncak Gunung Parang, Sahabat Purwakarta akan disuguhi dengan pemandangan Waduk Jatiluhur, hamparan pegunungan, lampu-lampu kota, juga sawah-sawah yang luas menghijau.

11. Tempat Wisata Gunung Lembu Purwakarta

Gunung Lembu

Gunung Lembu terletak di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 780 Mdpl ini dapat dicapai dengan beberapa alternatif. Jika mengambil rute keluar tol Ciganea-Purwakarta, kalian harus berbelok kanan ke arah jalan raya Sindangkasih, selanjutnya hanya mengikuti jalan dan petunjuk yang ada untuk tiba di pos pelaporan di Desa Panyindangan kecamatan Sukatani.

Panorama alam yang sangat indah, menjadikan Gunung Lembu ini sangat istimewa dan wajib untuk dikunjungi. Kalian yang berhasil mencapai puncak terakhir akan dapat melihat keindahan Waduk Jatiluhur dari ketinggian. Tidak hanya itu, karena jika malam hari tiba, kalian juga bisa melihat lampu - lampu karamba yang menyala di atas waduk seperti layaknya citylight. Ketika pagi hari tiba kalian juga bisa melihat sunrise dengan latar belakang pemandangan Waduk Jatiluhur dan Gunung Parang.

12. Tempat Wisata Gunung Bongkok Purwakarta

Gunung Bongkok

Gunung Bangkok ini lebih tinggi dibandingkan Gunung Cupu. Tingginya sekitar 975 mdpl dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai ke puncak. Meski tidak terlalu tinggi, namun track menuju puncak gunung ini cukup melelahkan. Sehingga kita tidak bisa mengabaikan persiapan fisik Puncak gunung ini juga merupakan sebuah batu. Saat weekend, gunung ini cukup ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Purwakarta dari ketinggian

13. Tempat Wisata Gunung Cupu Purwakarta

Gunung Cupu

Tidak ada salahnya saat liburan di Purwakarta kalian berkunjung ke puncak Gunung Cupu yang terletak di daerah Anjun, Plered. Gunung ini selain menampilkan pemandangan alam yang indah dari puncaknya juga memiliki kisah legenda yang mirip dengan kisah Jaka Tarub. Konon dulu ada bidadari yang mandi di telaga dekat gunung ini, kemudian bajunya dicuri seorang pria desa yang akhirnya ia nikahi.

Setelah memiliki anak si pria mengembalikan pakaian tersebut dan bidadari pun pulang ke khayangan. Sebelum kembali ke khayangan bidadari meninggalkan cupu tempat perhiasan untuk pegangan anaknya. Cupu tersebut masih diyakini masyarakat tertinggal di puncak gunung yang kemudian dinamakan Gunung Cupu.

Untuk yang suka mendaki gunung anda bisa mencoba salah satunya adalah Gunung Cupu yang berada di daerah Plered. Walau tingginya hanya sekitar 300 mdpl, Gunung Cupu yang didominasi oleh batu memiliki pemandangan alam yang indah. Tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki gunung mungil ini.

14. Tempat Wisata Sentra Keramik Plered Purwakarta

Sentra Keramik Plered

Kota mungil yang juga sebagai kota tertua di Kabupaten Purwakarta ini mempunyai histori panjang yg tak lepas dari kerajinan keramik. Bahkan konon kerajinan berbahan dasar tanah liat ini, menurut warga setempat telah ada sejak era neolitikum. Walau keabsahan sejarah ini tetap bisa diperdebatkan, sebab tidak sedikit versi sejarah awal mula kerajinan keramik di daerah ini. Sentra industri mungil ini terletak di Desa Anjun, Citeko, & Desa Pamoyanan.

Disini ada bermacam macam wujud kerajinan keramik, mulai sejak dari perabotan rumah tangga sampai mainan anak-anak dapat jadi suvenir yg menarik. Jikalau berkunjung segera, tidak hanya dapat menonton serta-merta pengerjaan keramik, anda serta dapat mendapati harga lebih murah. Ada yg dipasarkan mulai sejak dari Rupiah 5.000,- hingga ratusan ribu rupiah.

Baca ini : Tempat Wisata di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Demikain mengenai Artikel 14 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua yang ingin beribur ke Pantai Menganti, Jika anda menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke Media Social Facebook, Twitter, Google+ dll, Terima Kasih.




Sekian dan Terima kasih telah membaca ringkasan 14 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi. Semoga ringkasan dari situs
wisata waw berguna dan memberi manfaat dalam memilih tempat wisata. Silakan share ringkasan 14 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi tadi ke situs web media anda. Bagikan artikel dari Tempat Wisata melalui media sosial yang ada di bawah. Dan kunjungi Daftar Isi Blog WisawataWAW untuk mendapat informasi lengkap terbaru. Demikan dan sekian tentang 16 Tempat Wisata di Cilegon Paling Populer Wajib Dikunjungi. Dan Assalamualaikum pembaca Tempat Wisata.

Credit Image & Source link: http://www.anekawisataseru.net/2016/09/tempat-wisata-di-purwakarta.html

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "14 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi"

Posting Komentar