42 Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi

42 Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi Acuan terbaru di 2017 di blog wisata waw. Rekomendasi konten lengkap terbagus untuk tempat Wisata. Ringkasan yang berjudul 42 Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu menemukan tempat berwisata yang paling populer.


Artikel ini untuk kamu pengunjung setia blog kami wisata waw. Dan jangan lupa untuk bagikan juga konten 42 Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi terbaru ini ke media kalian. Supaya blog wisata waw yang membahas seputar tempat berwisata dan website terkait serta kamu mendapat manfaat dari info ulasan Tempat Wisata di ini. Langsung saja baca dan simak mengenai 42 Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi di bawah ini yang sudah Wisata WAW ringkas.


Tempat Wisata di Jember - Jember merupakan sebuah daerah yang mempunyai banyak tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata pantai, wisata alam serta wisata sejarah semua ada di Jember, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan keluarga, pasangan ataupun teman dijamin pasti liburan kalian akan lebih mengasikkan.

Sudah yang dijelaskan diatas, Daerah Kota dan Kabupaten Jember dan sekitarnya memang memiliki tempat wisata yang menarik dan cukup populer. Kebanyakan penduduk Kab. Jember adalah Suku Jawa dan Suku Madura, yang sebagian besarnya beragama Islam. Selain itu juga terdapat warga Tionghoa dan juga Suku Osing. Rata rata masyarakat jember mayoritas adalah pendatang, yang menonjol adalah Suku Madura yang bertempat tinggal di wilayah utara dan Suku Jawa yang bertempat tinggal di selatan serta pesisir pantai.

Selain itu, Jember dikenal pula sebagai salah satu daerah penghasil tembakau utama di Indonesia. Tembakau Jember adalah tembakau yang digunakan sebagai lapisan luar/kulit cerutu. Tembakau Jember sangat dikenal di Brehmen, Jerman, dan Belanda. Nah pada kali ini Aneka Wisata Seru akan merekomendasikan tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di daerah Jember. biar kalian yang belum pernah ke jember bisa tahu tempat wisatannya.

Baca ini : Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini beberapa tempat wisata di Jember yang harus Anda kunjungi. Beberapa di antaranya adalah wahana permainan dan hiburan, sementara lainnya adalah pesona tempat wisata pantai Jember dan wisata alam Jember.

1. Tempat Wisata Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) Jember

Pantai Papuma

Tempat wisata yang pertama, yang harus anda kunjungi adalah Pantai Papuma, Pantai ini memiliki keindahan yang sangat mengagumkan. Karena pasir pantainya yang putih dan bersih membuat keindahan pantai ini menjadi daya tarik untuk wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia datang berlibur ke sini. Lokasi pantai Papuma ada di di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember, jaraknya kira-kira 45 km dari kota Jember.

Selain itu di pantai juga ada banyak sekali tempat penginapan, dari yang mahal sampai yang murah meriah. Di sekitar pantai juga terdapat sebuah gua yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, gua tersebut adalah goa lawa yang memiliki kedalamam sekitar 30 meter. Para wisatawan hanya dapat memasuki goa ini apabila air laut sedang surut.

Menurut mitos masyarakat lokal, gua tersebut dipercaya sebagai tempat bersemayamnya putri penguasa laut selatan, juga dipercaya sebagai tempat bertapanya kyai mataram. Sampai pada saat ini, harga tiket masuk untuk berkunjung ke pantai Papuma adalah sebesar 15.000 rupiah per orang. Harga tiket ini berlaku baik untuk orang dewasa maupun anak anak.

2. Tempat Wisata Pantai Bandealit Jember

Pantai Bandealit

Bandealit merupakan salah satu tujuan wisata alam minat khusus yang ada di Taman Nasional Meru Betiri yang lokasinya berada di kabupaten Jember bagian selatan. Salah satu potensi yang diminati adalah pantainya yang alami dan bersih. Pengunjung dapat bermain bodysurfing yang alatnya telah disediakan di sana. Permainan ini cukup aman bagi pemula, karena ombaknya yang teratur dan tidak terlalu besar.

Banyak perahu nelayan yang bersandar di pantai Bandealit ini, sehingga bagi pengunjung yang ingin merasakan ikan bakar segar dapat langsung pesan di nelayan lokal. Ada banyak pilihan lain selain body surfing, anda bisa memilih berkano, menyusuri sungai dengan menggunakn speedboot, ataupun melihat banyak burung yang hidup di kawasan tersebut.

Di sekitar pantai, disini ada Green House yang menjadi rumah bagi bunga anggrek, anda bisa melihat koleksi tanaman bunga anggrek, dan obyek wisata yang satunya lagi adalah tempat penangkaran rusa timor. Selain wisata pantainya, ada beberapa obyek wisata di kawasan ini, yaitu Green House, di sini anda dapat mlihat koleksi tanaman bunga anggrek, dan obyek wisata yang satunya lagi adalah tempat penangkaran rusa timor.


3. Tempat Wisata Pantai Watu Ulo Jember

Pantai Watu Ulo Jember

Pantai Watu Ulo terletak bersebelahan dengan Pantai Papuma. Kedua pantai tersebut berlokasi sekitar 40 km dari pusat kota Jember. Nama Watu Ulo diambil karena di pantai ini terdapat susunan bebatuan (watu) yang memanjang seperti ular (ulo). Bebatuan tersebut tersusun mulai dari pesisir pantai sampai ke tengah laut.

Pantai Watu Ulo Jember Pantai Watu Ulo Jember Keindahan pantainya tidak jauh berbeda dengan pantai Papuma karena lokasinya yang memang berdekatan, namun di sekitar pantai ini anda dapat menjumpai berbagai toko yang menjual aneka kerajinan yang bahan dasarnya diambil dari laut.

Pantai Watu Ulo tidak hanya ramai pada siang hari saja, akan tetapi pada malam hari pun pantai ini selalu dipenuhi dengan aktivitas para wisatawan yang bermalam. Karena selain dilengkapi dengan tempat bermain juga disediakan area untuk berkemah. Sehingga para wisatawan yang ingin berlama -lama bersantai dan menikmati suasana pantai Watu Ulo dapat bermalam dengan berbekal sebuah tenda.


4. Tempat Wisata Pantai Puger Jember

Pantai Puger

Pantai Puger merupakan salah satu wisata pantai yang terletak 36 km sebelah barat daya dari pusat kota Jember. Pantai ini terkenal dengan tempat pelelangan dan penjualan ikan. Pengunjung yang datang tidak hanya bisa menikmati keindahan laut tetapi juga melihat beberapa barisan Kapal kayu tradisional. Mereka juga dapat membeli ikan segar dari nelayan di sekitar pantai atau bahkan mencoba untuk memancing di laut dengan menggunakan kano.

Di sekitar pantai Puger juga terdaoat tempat pelelangan ikan, anda juga bisa melakukan kegiatan memancing di pantai ini. Anda juga bisa melihat Cagar Alam Puger Watangan yang lokasinya berada di sekitar kawasan Pantai Puger, dengan pesona sumber air kucurnya.

Pantai Puger Jember adalah salah satu tempat wisata di jember yang paling ramai di kunjungi, terutama segmen anak muda yang paling menyukai pantai ini untuk tempat hiburan yang menarik. Pantai Puger adalah tempat yang cocok bagi mereka yang hobi memancing. Di Pantai Puger terdapat tempat pelelangan ikan, di sini menjual ikan segar.


5. Tempat Wisata Pantai Payangan Jember

Pantai Payangan

Keberadaan pantai Payangan ini belum diketahui oleh banyak orang. Walau tak memilki pasir putih seperti pantai-pantai di Indonesia timur, pesona pantai Payangan tak kalah asik. Pantai ini terutama sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang sering mengeksplor tempat-tempat baru.

Pantai Payangan merupakan sebuah pantai yang cukup unik. Di pantai ini terdapat bukit-bukit yang cukup tinggi, mengingatkan kita pada pada pantai Mawun di Lombok. Banyak nelayan yang melakukan aktivitas di pantai yang membuat kunjunganmu ke pantai ini akan semakin bermaknda ketika menyaksikan bagaimana para nelayan beraktivitas.


6. Tempat Wisata Pantai Paseban Jember

Pantai Paseban

Pantai Paseban merupakan salah satu tempat wisata di Jember, lokasinya berada di Desa Paseban Kecamatan Kencong sekitar 50 km dari Kota Jember. Pantai ini berpasir hitam dan terbentang cukup panjang, dari sini anda bisa melihat Pulau Nusa Barong yang juga bisa anda kunjungi dengan sewa perahu.

Pantai Puger adalah tempat yang cocok bagi mereka yang hobi memancing. Di Pantai Puger terdapat tempat pelelangan ikan, di sini menjual ikan segar. Selain wisata yang di tawarkan Pantai Puger, terdapat juga Cagar Alam Puger Watangan yang lokasinya berada di sekitar kawasan Pantai Puger.

Selain itu, bagi mereka yang ingin berenang di pantai, Paseban merupakan pantai yang aman karena memiliki ombak yang  tenang. Banyak pula wisatawan asing yang memanfaatkannya untuk sun-bathing atau melakukan olah raga pantai seperti voli pantai.

7. Tempat Wisata Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak lokasinya berada di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, sekitar 20 km dari pusat kota Jember. Air terjun ini tingginya sekitar 80 meter dan berada di wilayah Agro Wisata Kopi Kebun Gunung Pasang. Untuk menuju ke air terjun tancak, dari lokasi parkir anda harus berjalan kaki sekitar 1 jam melewati jalan setapak karena jalan tersebut tidak bisa dilewati oleh kendaraan

Selain itu juga, Air terjun ini berada di lereng gunung Argopuro pada ketinggian sekitar 900 mdpl sehingga bisa dibayangkan kesejukan udara di sekitar sana. Nama air terjun ini adalah Air Terjun Tancak. Air terjun Tancak berada di sekitar kawasan perbukitan Agro Wisata Kopi Kebun Gunung Pasang. Mendengarkan gemuruh air yang jatuh dari ketinggian merupakan sebuah ketenangan tersendiri.

8. Tempat Wisata Pantai Rowo Cangak

Pantai Rowo Cangak

Pantai Rowo Cangak adalah salah satu dari sekian pantai yang belum dikembangkan secara optimal untuk berwisata, dari segi sarana dan fasilitas jelas kurang memadai, namun kita bisa menikmati susana pantai yang sesungguhnya dan benar benar merasakan dekat dengan alam.

Disini, sepanjang garis pantai terlihat bersih tanpa sampah dan hanya suara ombak yang kita dengar lengkap dengan suasana eksotis khas pantai selatan. Nah kayaknya pantai ini cocok buat anda yang ingin merasakan kesunyian di suasana pantai yang indah ini.

9. Tempat Wisata Air Terjun Antrokan

Air Terjun Antrokan

Air terjun Antrokan ini berada di di Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Jember, Air Terjun Antrokan ini lebih rendah dibandingkan Air Terjun Tancak dan jaraknya pun lebih pendek sekitar setengah jam berjalan kaki dari peberhentian terakhir anda melewati jalan setapak. Air Terjun Antrokan ini memiliki tinggi sekitar 15 meter. Tidak terlalu tinngi memang, debit airnya juga tidak terlalu besar, tapi justru itu bisa membuat kita jadi merasa aman dan nyaman ketika duduk di atas kayu tua di depannya.

Air Terjun Antrokan ini di kelililingi oleh pepohonan yang begitu rindang, sejuk dengan begitu banyaknya suara kicau burung di sekitarnya yang menandakan bahwa air terjun ini masih begitu asri dan sedikit wisatawan mengunjunginya. Memang jalur yang kita lewati untuk mencapai lokasi air terjun ini belum terkelola dengan baik oleh pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Jember, namun jalur menuju lokasi air terjun ini sangat cocok bagi anda yang ingin mencoba perjalanan yang begitu menantang.

10. Tempat Wisata Air Terjun Tancak Tulis Jember

Air Terjun Tancak Tulis Jember

Air Terjun Tancak Tulis lokasinya berada di Dusun Tulis, Desa Darungan, Kecamatan Tanggul, Jember. Air terjun ini merupakan yang paling tinggi di Jember dan karena ketinggiannya yang mencapai lebih dari 250 meter serta puncak air terjun ini yang sering tertutup kabut atau awan, banyak juga orang yang menyebutnya sebagai "air terjun dari langit". Untuk menuju ke lokasi air terjun tancak tulis anda akan melewati perkebunan Zeelandia Afdeling Sumber Bulus.

Keindahan pemandangan Alam dengan hijaunya dedaunan pohon yang rindang ditambah sejuknya udara hutan yang hening jauh dari keramaian, hanya kicauan burung yang menghiasi kesunyian. Meski akses jalan berliku dan terjal, namun keindahan pemandangannya membayar semua kelelahan yang terasa saat dalam perjalanan menuju air terjun tancak tulis ini.

11. Tempat Wisata Air Terjun Lereng Raung Jember

Air Terjun Lereng Raung 

Air Terjun Lereng Raung berada di 32 Km arah timur laut Jember, dimana terdapat tiga jenis air terjun dengan ketinggian masing-masing 25 M. Jarak antara satu air terjun dengan lainnya harus ditempuh dengan jalan kaki sepanjang 1,5 Km menyusuri sungai.. Menurut legenda setempat bagi siapa saja yang mandi di air terjun ini mereka akan menjadi lebih muda dan segar.

Nama air terjun ini berasal dari nama sumber air terjun itu sendiri yaitu Gunung Raung. Tepatnya terletak di desa Rowosari, kecamatan Sumberjambe, Jember. Suasana hijau khas hutan dan asri ditambah dengan aroma buah durian yang semerbak dari pohonnya akan mengiringi perjalanan anda ke puncak air terjun ini. Jadi pastikan jika anda ingin sampai ke Puncak air terjun ini untuk selalu berhati-hati kalau-kalau sebuah duruian tiba-tiba saja menjatuhi anda.

12. Tempat Wisata Air Terjun Sumber Salak Jember

Air Terjun Sumber Salak

Air terjun Sumber Salak letaknya tersembunyi yang bahkan tidak semua penduduk sekitar tahu keberadaannya. Kalau mau mengunjungi tempat ini kamu harus sering-sering bertanya pada warga setempat yang tahu persis lokasinya. Siapkan pula kendaraan tempur yang prima sebab medan yang dilalui cukup berat. Pemandangan air terjun ini akan menghapus penat yang kamu dapat selama perjalanan.

Keindahannya mengingatkan kita pada Air Terjun Niagara namun dalam ukuran mini. Untuk mendapatkan pemandangan yang indah kadang kita harus blusukan ke dalam hutan. Begitu pula di Jember ini, para pecinta petualangan akan dimanjakan dengan kondisi alamnya yang masih perawan yang di dalamnya tersimpan tempat keren yang tidak banyak diketahui traveler lain. Adalah Air Terjun Sumber Salak yang terletak di dalam hutan desa Sumbersalak, kecamatan Ledokombo.

13. Tempat Wisata Air Terjun Watu Ondo Jember

Air Terjun Watu Ondo

Tempat wisata selanjutnya yang wajib anda kunjungi yaitu Watu Ondo adalah salah satu magnet yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Jember. Terletak di Kabupaten Jember tepatnya di Kecamatan Tempurejo. Untuk lebih mudahnya bisa mengunjungi Perkebunan Kotta Blater terlebih dahulu.

Untuk menuju Watu Ondo, kita harus melewati perumahan yang dihuni oleh pekerja perkebunan berplat merah ini. Sebuah banner besar sudah menyambut wisatawan yang menunjukkan mereka sudah sampai di jalur berjalan kaki. Lahan parkir sudah disiapkan oleh warga sekitar yang tergabung dalam perkumpulan pemuda-pemuda masjid. Dari namanya saja sudah jelas jika lahan parkir terletak di dekat masjid.

14. Tempat Wisata Air Terjun Manggisan Jember

Air Terjun Manggisan Jember

Air terjun memiliki situasi yang sangat sejuk dimana kesejukan alam hijau disekitarnya menjadi salah satu penopang wisata air terjun ini. Tak hayal banyak wisatawan yang betah berlama-lama disini. Selain itu para wisatawan juga bisa memancing di kolam sekitaran air terjun yang sudah disediakan oleh warga.

Air terjun ini memiliki tinggi 54 meter dan berada di ketinggian 500 meter diatas permukaan laut air terjun ini berada di desa Manggisan, kecamatan Tanggul kabupaten Jember yang berjarak sekitar 42 Km arah barat Kabupaten Jember.

Debit air terjun ini 198 liter per detik dan dengan kadar kejernihan yang bagus dan didukung dengan suasana hijau disekitar bukit. Pengunjung yang melewatkan waktunya di air terjun ini juga bisa memancing di kolam yang disediakan oleh masyarakat sekitar.

15. Tempat Wisata Teluk Love Jember

Teluk Love Jember

Teluk Love merupakan tempat wisata yang terbilang baru yang berada di jember tepatnya di pantai selatan yang dikenal dengan pantai payangan, pantai payangan ini merupakan pantai yang cukup populer dan banyak dikunjungi para wisatawan, di pantai payangan ini anda bisa menyaksikan indahnya panorama pantai dengan deburan ombak yang terbilang cukup besar yang menerjang bebatuan cantik khas pantai payangan tersebut.

Untuk mencapai teluk love ini anda cukup berjalan kaki kurang lebijhnya 30 menit anda akan sampai ke teluk tersebut, jika dari area parkir pantai payangan, keindahan teluk love ini bisa anda saksikan dari atas bukit yang dikenal dengan nama bukit domba, kenapa dijuluki bukit domba, karena di sekitar area bukit terdapat beberapa domba milik masyarakat setempat yang juga ikut menyaksikan keindahan pantai tersebut.

16. Tempat Wisata Pulau Nusa Barong Jember

Pulau Nusa Barong

Kawasan Nusa Barong adalah sebuah pulau yang merupakan cagar alam dengan luas 6.100 ha. Di pulau ini yang memiliki luas 6100 hektare ini terletak disamudera Indonesia, pulau nusa barong ini mulai menarik perhatian para wisatawan, cagar alam wisata ini memiliki keunikan dan mempunyai khas tersebdiri baik disisi flora maupun ekosistemnya.

Di wisata pulau nusa barong ini terdapat empat ekosistem yaitu ekosistem pantai, hutan rawa, hutan payau, dan hutan-hutan dataran rendah, dan untuk potensi floranya terdapat 16 spesies tumbuh-tumbuhan dan 20 spesies hewan, pulau ini juga salah satu pulau terluar inodonesia, untuk mencapai ke tempat tersebut pengunjung perlu menyebrangi laut yang ganas.

17. Tempat Wisata Kolam Renang Tiara Waterpark Jember

Tiara Waterpark Jember

Tiara Waterpark merupakan salah satu taman wisata air yang paling ramai dikunjungi di Jember. Tiara Waterpark hanya berjarak lebih kurang 2 Km dari Universitas Jember. Tiara Waterpark menjadi salah satudestinasi wisata favorit di Jember yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur dan sekitarnya.

Tersedia juga Cafe Area( free wifi & free karaoke). Tiara Waterpark buka sampai jam 10 malam. Kita bisa bermain sepuasnya dari jam 5 sore sampai 10 malam tanpa dipungut biaya, selain itu kita juga bisa online gratis dan karokean sepuasnya. Tiara waterpark bisa menjadi tempat wisata gratis terfavorit di Jember.

Untuk masuk ke Tiara Waterpark mulai pukul 17.00 sampai 22.00 Wib tidak dipungut biaya untuk Non Waterboom.

18. Tempat Wisata Puncak Rembangan di Jember

Puncak Rembangan

Wisata Rembangan Jember adalah sebuah wisata yang berlokasi di sebuah puncak pegunungan yang menonjolkan agrowisata. Secara garis besar, ada dua objek wisata yang ditawarkan, yaitu pemandian dan pemandangan puncak. Apabila hanya sekedar ingin menikmati pemandangan puncak, maka tidak perlu membayar untuk tiket masuk.

Tiket masuk hanya dikenakan kepada pengunjung yang ingin memasuki area pemandian saja. Namun apabila ingin menikmati wahana dan paket yang disediakan, setiap pengunjung yang datang harus membayar tiket masuk.

Pengunjung pada umumnya menikmati pemandangan yang luar biasa ini dengan duduk duduk santai di warung warung yang ada di pinggir jalan sambil menikmati camilan dan minuman khas penduduk setempat. Melalui warung warung tersebut, pengunjung dapat melihat wajah kota Jember dari ketinggian yang indah.

19. Tempat Wisata Waterboom Niagara Jember

Waterboom Niagara Jember

Taman rekreasi Waterboom Niagara merupakan salah satu objek wisata air yang terbilang cukup baru yang berada di kawasan Ambulu, Jember. Taman Niagara ini baru dibuka sekitar pada tahun 2009. Fasilitas di taman ini cukup lengkap diantaranya ada 2 buah kolam di taman air ini, yang pertama kolam yang cukup besar dengan kedalaman sampai 160 cm kolam ini di khususkan untuk remaja dan orang dewasa dan yang kedua kolam dengan ukuran yang lebih kecil dengan kedalaman sekitar 60 cm, kolam ini di peruntukan bagi anak-anak.

Pada kolam untuk anak-anak, di wahana slider kolam Niagara ini biasanya digunakan anak-anak untuk bermain air sambil berenang, dan sekeliling kolam juga terdapat sungai kecil yang di peruntukan bagi anak-anak. Kawasan ini sangat cocok bagi anda yang ingin mengajak keluarga anda untuk menghabiskan masa libur dengan bermain air atau juga berenang.

Bagi orang tua disediakan juga pondok-pondok kecil berjajar di sekeliling kolam renang, sebagai tempat bersantai sembari menunggu anak anda yang sedang asyik bermain air. Sekitar taman air ini juga banyak sekali penjual makanan dan minuman yang siap sedia untuk melayani anda bila haus serta lapar.

20. Tempat Wisata Rekreasi Taman Botani Jember

Taman Botani Jember

Taman wisata Botani ini merupakan salah satu kawasan wisata alternatif yang dapat kita kunjungi bila kita di kota Jember. Konsep yang diusung objek wisata alam ini, mengusung tema pendidikan. di taman ini mengajak masyarakat serta wisatawan yang datang, untuk mencintai lingkungan. Kawasan Taman Botani Jember berlokasi di Jl. Muhajir Sukorambi kota Jember.

Letak taman botani sekitar 11 km barat alun-alun Jember. Taman ini memberikan pengalaman dengan kombinasi antara berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang telah ada serta komplek kolam renang, lembah dan juga hamparan sawah hijau. denga kombinasi dan perpaduan inilah taman botani sangat di gemari oleh wisatawan.

Pengunjung juga akan menjumpai kebun herbal dengan hampir 350 jenis tanaman obat-obatan. selain itu kita akan melihat penakaran hewan yang telah dikelola oleh pengelola taman botani ini. Tempat ini selain untuk rekreasi juga akan menambah wawasan kita tentang pentingnya keseimbangan dalam kehidupan ini.

21. Tempat Wisata Pemandian Kebon Agung

Pemandian Kebon Agung Jember

Pemandian Kebon Agung terletak 3 Km arah utara kota Jember, tepatnya berada di desa Kebonagung, kecamatan Kaliwates, Jember, dan terletak di ketinggian 110 M dari permukaan laut., hanya dibutuhkan kurang lebih 10 menit untuk sampai ke pemandian kebon agung ini jika dari perkotaan. sebelah utara kota jember.

Pemandian ini masih alami karena sumber air yang di dapat dari sumber air watu remuk yang tidak jauh dari pemandian kebon agung ini. selain berfungsi sebagai pemandian, tempat ini juga ditambah fasilitas yang lain seperti taman, hotel dan penginapan yang setiap saat bisa digunakan untuk menampung para wisatawan.

22. Tempat Wisata Sejarah Situs Duplang Jember

Situs Duplang Jember

Situs Duplang, situs ini berada di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa. Di sana Anda bisa menemukan koleksi dari jaman Megalitikum seperti kubur batu, menhir hingga batu kenong. Ditambah juga ini menguatkan bukti bahwa di desa setempat pada jaman purba sudah ada manusia purba yang hidup menetap berkelompok dan mulai bercocok tanam.

Situs Duplang memiliki beberapa koleksi peninggalan masa megalitikum di antaranya kubur batu, batu kenong, dan menhir. Di Situs Duplang terdapat berbagai benda purba zaman megaliticum seperti kubur batu, batu kenong, dan menhir. Menurut pak Darman, juru pemelihara situs Duplang, situs ini sudah ada sejak tahun 4 Masehi. Situs ini juga cukup sering dikunjungi oleh mahasiswa dan juga peneliti untuk melakukan penelitian.

23. Tempat Wisata Menarik Loko Lori Jember

Loko Lori Jember

Loko lori merupakan salah satu destinasi wisata unik di Jember. Sebenarnya lori ini merupakan pembawa hasil perkembunan. Belum banyak masyarakat yang tahu adanya wisata loko antik ini karena kebanyakan kegiatan wisata Parik Gula jarang terekspose keluar.

Selama ini yang tahu hanya para fanatik sejarah dan turis asing yang rutin datang tiap tahunnya. Padahal Pabrik Gula ini menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang masyarakat belum tahu. Kita tidak hanya bisa ke museum-museum untuk melihat lokomotif kuno, di Pabrik Gula juga menyimpan banyak loko antik kuno peninggalan sejarah yang nyata masih berfungsi.

Selain itu, Wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Agrowisata PG. Semboro disamping bernostalgia dengan menaiki loko uap sepanjang 45 km (2 jam perjalanan) juga bisa menikmati pemandangan indah dan sajian tarian, baik pada saat di penginapan maupun di pemberhentian sepanjang perjalanan loko.

24. Tempat Wisata Pemandian Rembangan Jember

Pemandian Rembangan Jember

Wisata Rembangan Jember adalah sebuah wisata yang berlokasi di sebuah puncak pegunungan yang menonjolkan agrowisata. Secara garis besar, ada dua objek wisata yang ditawarkan, yaitu pemandian dan pemandangan puncak.

Apabila hanya sekedar ingin menikmati pemandangan puncak, maka tidak perlu membayar untuk tiket masuk. Tiket masuk hanya dikenakan kepada pengunjung yang ingin memasuki area pemandian saja. Namun apabila ingin menikmati wahana dan paket yang disediakan, setiap pengunjung yang datang harus membayar tiket masuk.

Ketika berada di puncak, hawa dingin dengan suhu hingga mencapai 18 derajat disertai kicauan burung dan pemandangan lembah yang terhampar luas membuat suasana hati merasa tenang dan damai.

25. Tempat Wisata Perkebunan Teh Gambir di Jember

Perkebunan Teh Gambir di Jember

Perkebunan Teh Gunung Gambir. Lokasinya ada di 48 Km arah timur laut Kota Jember. Perkebunan ini merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda sejak tahun 1918 dan berada di ketinggian 900 M dari permukaan laut. Perkebunan teh Gunung Gambir terletak di lereng gunung Argopuro dan merupakan penghasil teh yang cukup potensial.

Di sini pengunjung bisa menyaksikan para pemetik teh bekerja dan melihat bagaimana proses pembuatan teh hingga siap minum. Selain itu disediakan juga fasilitas seperti lapangan tenis, kolam renang, taman bermain dan masih banyak lagi untuk mendukung liburan yang menyenangkan bagi para pengunjung.

26. Tempat Wisata Pemandian Patemon Jember

Pemandian Patemon

Pemandian Patemon adalah salah satu pemandian yang populer di Jember. Lokasinya berjarak sekitar 30 Km arah barat dari kota Jember, dengan ketinggian lebih kurang 500 m dpl. Sumber air di pemandian Patemon berasal dari mata air lereng Pegunungan Argoporo. Pemandian ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi, terlebih pada sa’at hari libur dan akhir pekan.

Jika anda ingin refreshing serta berlibur, disinilah tempatnya. Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman – teman. Sumber air di pemandian Patemon berasal dari mata air lereng Pegunungan Argoporo. Pemandian ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi, terlebih pada sa’at hari libur dan akhir pekan.

27. Tempat Wisata Pemandian Oleng Sibutong Jember

Pemandian Oleng

Pemandian Oleng Sibutong Pemandian ini berjarak sekitar 10 km arah utara kota Jember merupakan lokasi wisata yang sangat sesuai untuk rekreasi keluarga. Nama Oleng Sibutong, berasal dari nama ikan Uling, sejenis belut yang buntung, yang secara logat madura disebut Butong. Menurut legenda rakyat setempat, pernah ada belut tanpa ekor. Penduduk asli menyebutnya Butong (Madura).

Belut ini dapat dilihat oleh orang-orang pada hari-hari tertentu dan dikatakan bahwa mandi di air dan minum dapat menyehatkan dan bikin awet muda. Para pengunjung dapat mencapainya dari pusat kota dengan mobil sewaan atau angkutan umum dalam waktu sekitar 20 menit. Kunjungi ini kolam renang legenda dengan keluarga, teman atau orang lain.


28. Tempat Wisata Wisata Agro Kopi dan Kakao

Agro Kopi dan Kakao

Tempat wisata ini dimiliki oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao berada di Kebun Percobaan Kaliwining Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji yang berjarak sekitar ± 20 km arah selatan kota Jember. Daya tarik yang ditawarkan adalah melihat budidaya tanaman kopi, kakao, tembakau, karet dan jati pusaka, melihat prosesing benih kakao, melihat gudang pengering tembakau konvensional, melihat aktivitas penelitian di laboratorium, melihat aktifitas di kebun, serta pembelian bibit di lokasi.

29. Tempat Wisata Pabrik Kopi Gumitir Jember

Gumitir

Pabrik Kopi Gumitir yang menawarkan ecotourism. Di kawasan pabrik kopi peninggalan Belanda ini kamu bukan sekedar diajak berkeliling melihat produksi kopi saja namun juga jalan-jalan berkeliling kebunnya plus melihat bekas terowongan kereta api. Fasilitas tambahan yang membuatmu akan betah berlama-lama di kawasan tersebut adalah adanya area outbond dan juga flying fox.

Kawasan perbukitan dan persawahan warga di sekitar lokasi membuat suasana makin segar dan nyaman. Kebanyakan traveler paling suka bersantai di kawasan rest area dan cafe Gumitir yang menyediakan tempat nongkrong berbentuk kursi raksasa yang apik untuk difoto.

30. Tempat Wisata Museum Tembakau Jember

Museum Tembakau

Sebagai sebuah wilayah yang mendapat julukan sebagai kota Tembakau maka tidak lengkap jika berkunjung ke sana namun tidak mengunjungi ikon kota ini. Adalah Museum Tembakau yang terletak di UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau. Wisatawan yang berkunjung nantinya akan diajak berkeliling langsung ke petani tembakau.

Di dalam museum ini dilengkapi pula dengan perpustakaan yang mengoleksi aneka buku pengetahuan seputar tembakau mulai dari penanaman hingga pengolahan. Disediakan pula LCD besar yang akan memutarkan film-film dokumenter mengenai perkembangan pertanian tembakau sejak zaman dahulu.

31. Tempat Wisata Taman Nasional Meru Betiri Jember

Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri merupakan kawasan taman nasional perwakilan ekosistem mangrove, hutan rawa, dan hutan hujan dataran rendah di Jawa, yang terletak di wilayah administrative Jember dan Banyuwangi. Taman nasional ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu merupakan habitat penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau, dan penyu ridel/lekang di Pantai Sukamade. Di pantai tersebut dibangun beberapa fasilitas sederhana untuk pengembangbiakan penyu agar tidak punah.

Taman Nasional Meru Betiri dihuni oleh beberapa tanaman eksotis yang langka, seperti raflesia (Rafflesia zollingeriana), dan beberapa jenis tumbuhan lainnya seperti bakau (Rhizophora sp.), api-api (Avicennia sp.), waru (Hibiscus tiliaceus), nyamplung (Calophyllum inophyllum), rengas (Gluta renghas), bungur (Lagerstroemia speciosa), pulai (Alstonia scholaris), bendo (Artocarpus elasticus), dan beberapa jenis tumbuhan obat-obatan.

32. Tempat Wisata Mumbul Garden Jember

Mumbul Garden

Mumbul Garden terletak di Desa Lengkong Kecamatan Mumbulsari sekitar 7 km ke arah selatan dari pusat kota Jember. Dan merupakan salah satu obyek wisata baru milik PTPN XII (Persero) Kebun Mumbul. Para Penelusur pasti senang banget kalo berwisata di Mumbul Garden ini, karena memadukan konsep wisata air dan dunia wisata perkebunan Karet, Sengon laut, Tebu, Pisang dan Buah Naga.

Dengan luas lahan sekira 24 ha, jadi suasana terasa sejuk dan adem. Karena dapat menikmati wisata air dan menjelajah perkebunannya. Selain itu juga anda juga bisa memperoleh pengetahuan seputar tata cara bercocok tanam aneka jenis tanamannya. Mulai dari proses penanaman bibit, perawatan, hingga proses panen.

33. Tempat Wisata Kimo Swimmingpool Jember

Kimo Swimmingpool

Nah ada lagi pemandian di Jember yang bisa menjadi alternatif rekreasi keluarga disaat liburan atau akhir pekan, Kimo Swimmingpool - hanya berjarak kurang lebih 4 km dari pusat kota, menyediakan sebuah kolam renang di tengah taman dengan bermacam bunga dan pepohonan yang asri. Pihak management Dammiq sepertinya paham betul akan kebutuhan masyarakat Ambulu dan sekitarnya.

Fasilitas yang diberikan dapat mengakomodir kebutuhan seluruh keluarga saat berwisata, para orang tua bisa berbelanja aneka kebutuhan dan anak-anak bisa puas bermain di tiga kolam renang yang disediakan. Lokasinya sangat mudah dijangkau, dari arah Jember sampai di traffic light Ambulu belok kiri, ikuti saja jalan tersebut kira” 3,5 km ke arah timur.


34. Tempat Wisata Wisata Agro Glantangan (WAG)

Agro Glantangan

Tempat Wisata ini berada di Glantangan. Bagi yang belum pernah dengar. Glantangan berada di Kecamatan Tempurejo. Dari kota Jember kira-kira jaraknya 35 km ke arah tenggara. Sejumlah fasilitas yang sudah ada yakni sepeda air (water cycle), kolam renang anak-anak, ‘flyng fox’, kereta wisata dan berkendara menggunakan ATV. Pada hari-hari tertentu disediakan kuda untuk mereka yang ingin mengendarai kuda,” tuturnya.

Tempat Wisata Agro Glantangan dilengkapi dengan sebuah kolam air mirip rawa-rawa yang dihiasi dengan tanaman teratai berwarna merah muda terlihat cukup cantik dan membuat suasana agrowisata tersebut semakin indah. Kolam air tersebut dipergunakan untuk wahana permainan sepeda air yang bentuknya seperti bebek dengan cat warna-warni yang unik, sehingga wisatawan nyaman untuk menggunakan sepeda air berkeliling kolam air nan indah itu.

35. Tempat Wisata Agrowisata Tembakau Jember

Agrowisata Tembakau Jember

Kabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten penghasil tembakau terbesar di Jawa Timur. Dalam perkembangannya, kebun-kebun tembakau ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat pembudidayaan tembakau tapi juga dijadikan objek wisata. Tanah yang subur dan kondisi iklim yang mendukung untuk membudidayakan tembakau merupakan salah satu potensi pengembangan pusat perdagangan tersebut.

Daya tarik utama yang ditawarkan pada objek wisata ini adalah perkebunan tembakau, gudang pemeraman, sortir dan pengepakan serta proses pembuatan cerutu "hand made", Indopura Cigar. Terdapat juga toko cerutu dan toko souvenir hasil kerajinan khas Jember.

36. Tempat Wisata Jember Fashion Carnaval

Jember Fashion Festival

Jember juga mempunyai sebuah agenda tahunan yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai objek wisata. Agenda tersebut adalah Jember Fashion Carnaval yang rutin diadakan setiap tahun sejak 2001. Festival ini mengangkat tema yang berbeda setiap tahunnya, tergantung dari trend yang sedang berkembang. Venue carnaval berada di jalan utama kota Jember.

Festival ini mirip dengan Solo Batik Carnival yang juga merupakan agenda tahunan. JFC sering menjadi ajang untuk memperkenalkan pakaian-pakaian adat daerah di Indonesia. Tak cuma dari Indonesia, trend fashion dunia juga sering dijadikan kostum untuk dipamerkan. Buat kamu para penggemar fotografi, JFC bisa menjadi objek menarik untuk kamu buru.

37. Tempat Wisata Alun - Alun Jember

Alun Alun Jember

Alun-alun Jember di hari Minggu. Denyut kehidupan yang terasa mengasyikan. Sebuah oase yang dinantikan seminggu sekali oleh warga kota. Meski sekedar satu jam berada di Alun-alun Jember, dan sekedar lesehan menyantap sarapan bubur ayam, siomay atau pecel, cukuplah. Keberadaan Alun-alun Jember kini makin dirasa sebagai kebutuhan.

Jika punya tamu dari luar kota ia menjadi pilihan pertama untuk ngajak jalan-jalan pagi. Alun-alun Jember ini menjadi tempat berjajan berbagai penganan, peralatan rumah tangga, mainan anak, pecah belah, jamu, tanaman hias, aksesoris dan menjadi medan praktek remaja yang belajar berwirausaha. Tak pelak lagi di Alun-alun Jember banyak orang yang mendapat manfaat.

38. Tempat Wisata Pemandian Dira Park Ambulu Jember

Dira Park Ambulu Jember

Tempat wisata Dira Park Ambulu ini dibangun oleh Bapak H. Ponimin Tohari bersama putri bungsunya bernama Fera Eka Aulina untuk memenuhi kebutuhan wisata keluarga bagi masyarakat Ambulu dan masyarakat sekitarnya . Begitu masuk lokasi wisata tersebut, pengunjung akan disambut sebuah pemandangan yang sangat menarik. Ketika hendak masuk menuju area parkir kendaraan yang luas, pengunjung dapat melihat kemegahan Dira Park Ambulu yang tak kalah dengan wahana wisata kelas atas.

Saat berada di dalam lokasi wisata, pengunjung dapat memilih wahana yang ingin dikunjungi diantaranya kolam renang anak yang didesain khusus dengan pancuran dan patung-patung lucu agar anak-anak nayaman serta aman saat bermain – main di lokasi tersebut. Sehingga tidak perlu khawatir lagi akan keselamatan bagi anak tersebut. Objek wisata Dira Park ini memiliki suasana alam yang terbuka, membuat anak Anda nyaman berlama-lama bermain di lokasi kolam renang tersebut.

Baca ini : Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 42 Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, jika anda menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke media social seperti Facebook, Twitter, Google+ dll. Terima Kasih Kawan




Sekian dan Terima kasih sudah membaca artikel 42 Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi. Semoga artikel dari blog
Wisata WAW berguna dan memberi manfaat dalam memilih tempat berwisata. Silakan bagikan artikel 42 Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi tadi ke situs web media anda. Bagikan artikel dari Tempat Wisata melalui media sosial yang ada di bawah. Dan kunjungi Daftar Isi Blog wisata waw untuk mendapat info lengkap terbaru. Demikan dan sekian tentang 16 Tempat Wisata di Cilegon Paling Populer Wajib Dikunjungi. Dan Assalamualaikum pembaca Tempat Wisata.

Credit Image & Source link: http://www.anekawisataseru.net/2016/09/tempat-wisata-di-jember-yang-wajib-dikunjungi.html

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "42 Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar