13 Tempat Wisata di Bulukumba Sulawesi Selatan Paling Indah dan Menarik

13 Tempat Wisata di Bulukumba Sulawesi Selatan Paling Indah dan Menarik panduan terbaru di setiap tahun di blog WisawataWAW. Rekomendasi konten lengkap terbaik untuk tempat Wisata. Artikel yang berjudul 13 Tempat Wisata di Bulukumba Sulawesi Selatan Paling Indah dan Menarik, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu menemukan tempat berlibur yang paling terkenal.


Tulisan ini untuk sobat pembaca setia blog kami WisawataWAW. Dan jangan lupa untuk bagikan juga postingan 13 Tempat Wisata di Bulukumba Sulawesi Selatan Paling Indah dan Menarik terbaru ini ke media kalian. Agar blog WisawataWAW yang membahas seputar tempat berlibur dan website terkait serta kamu mendapat manfaat dari info ulasan Tempat Wisata di ini. Langsung saja baca dan simak mengenai 13 Tempat Wisata di Bulukumba Sulawesi Selatan Paling Indah dan Menarik di bawah ini yang sudah Wisata WAW rangkum.

13 Tempat Wisata di Bulukumba Sulawesi Selatan Paling Indah dan Menarik - Bang Mamad


























Tempat Wisata di Bulukumba - Indonesia terkenal dengan pulau-pulau indah yang memiliki sejuta pesona. Serpihan surga tersebar di setiap bagiannya dan keindahan alam yang semakin membuat hidup terasa nikmat.


sumber : @dionwiyoko via instagram
Salah satu bagian pulau yang memiliki sejuta keindahan adalah Bulukumba Sulawesi Selatan. Satu kata yang tepat untuk menggambarkan keindahan yang ada di kabupaten ini yaitu Sempurna.

Apa saja tempat terindah yang dapat Anda jadikan tempat wisata di Bulukumba ?. Kali ini Bang Mamad akan pilihkan tempat-tempat terbaik yang dapat Anda kunjungi.


1. Eksplorasi Keindahan Tanjung Bira



sumber : @anggorooy_149 via instagram
Tanjung Bira adalah surga pantai tersembunyi dari Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari yang memiliki pesona menakjubkan. Ada yang mengatakan bahwa Pantai Tanjung Bira merupakan pantai terindah yang ada di Sulawesi Selatan.


Hamparan pasir putih, hijaunya pepohonan berpadu indah dengan gradasi jernih air laut. Keindahan pantai ini benar-benar akan membuat Anda bahagia telah datang ke surga bahari yang ada di Bulukumba ini.


Bicara fasilitas, pantai ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Untuk penginapan pun telah tersedia beberapa penginapan di tempat ini dengan harga yang variatif.



2. Menyelam Pulau Liukang Loe


sumber : @dionwiyoko via instagram
Pesona selanjutnya dari Bulukumba adalah Pulau Liukang Loe yang terletak di sebelah barat Tanjung Bira. Di pulau ini terdapat kehidupan masyarakat yang begitu khas dan tradisional serta pemandangan laut yang memukau.


Pulau Liukang Loe memiliki sebuah dermaga panjang yang sangat cocok dijadikan tempat bersantai menikmati indahnya matahari tenggelam di ufuk barat.

3. Eksotisme Pulau Kambing

sumber : @missyelainious via instagram
Bulukumba tak hanya terkenal akan keindahan pantai-pantainya saja. Akan tetapi Anda juga dapat menemukan pulau-pulau cantik nan mempesona. Salah satunya adalah Pulau Kambing.




Perjalanan menuju pulau ini menghabiskan waktu menyeberang sekitar 30-45 menit menggunakan perahu motor masyarakat. Sepanjang perjalanan Anda akan menyaksikan sebuah pemandangan menyejukkan mata.


Kondisi pulau Kambing memiliki tebing karang yang tinggi dengan banyak kambing yang menghuninya. Pulau ini tak berpenghuni manusia. Jadi suasananya sangat sepi dan tenang.


Pemandangan bawah laut pulau kambing merupakan spot terbaik buat snorkeling. Freediving di Pulau Kambing merupakan sebuah pengalaman yang tak terlupakan karena keindahan bawah lautnya yang sangat memukau.


4. Pesona Pantai Apparallang


sumber : @dionwiyoko via instagram
Pantai Selanjutnya yang memiliki keunikan dan keindahan luar biasa adalah Pantai Apparallang. Pantai dengan karakter terbing-tebing karang ini memiliki view yang sangat indah.


Pantai Apparallang ini mirip dengan raja ampat di Papua. Pantai ini merupakan salah satu tempat terbaik menikmati sunrise kala pagi menyapa.


sumber : @dionwiyoko via instagram
Pantai Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Di pantai ini terdapat menara yang cukup tinggi dan merupakan tempat terbaik untuk menikmati pemandangan alam.


Hamparan hijau pepohonan dan birunya laut menjadi pereda adrenalin karena berada di ketinggian menara biru pantai Apparalang.


Anugerah Tuhan yang tak terkira, bisa menyaksikan alam yang indah ini. Ini dia salah satu surga kecil yang Tuhan ciptakan di Tanjung Bira, Bulukumba.


Tidak ada habisnya Anda akan dibuat kagum akan keindahan alam Pantai Apparalang ini. Pantai ini tidak seperti pantai umumnya yang kita lihat. Pantai Apparalang berada di balik tebing bebatuan.


Dari atas tebing Anda akan melihat keindahan yang memamerkan birunya air laut  dan karang serta bebatuan dinding yang menjulang tinggi. Keindahan yang berbeda ini sangat sayang dilewatkan.


Pantai Apparalang merupakan spot yang amat terkenal untuk kegiatan cliff jump. Setelah meloncat dari tebing Anda akan memasuki air yang amat jernih bak kaca. Sebuah potret keindahan yang sepatutnya menambah kesyukuran kita terlahir di bumi cantik bernama Indonesia.


5. Wisata Pantai Samboang


sumber : @achmad_muddatstsir via instagram
Sejauh mata memandang, pasir putih terhampar luas berpadu indah dengan gradasi air laut hijau tosca hingga biru jernih. Pantai Samboang merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Ekatiro, Kecamtan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.




Samboang dalam bahasa bugis berasal dari kata Sambo artinya bersenag-senang. Jadi pantai luas dan indah ini sangat cocok dijadikan arena bersenang-senang.


Pasir putih halusnya yang luas dapat dijadikan lokasi bermain sepakbola. Sebuah aktivitas yang seru dan mengasyikkan. Setelah lelah bermain bola Anda dapat menceburkan diri ke birunya laut Pantai Samboang. Sebuah surga bahari, hadiah terindah dari Tuhan yang dianugerahkan di Bulukumba.


6. Pesona Pantai Ujung Tiro


sumber : @andnnlstr via instagram
Pantai Ujung Tiro tak kalah cantiknya dengan Pantai Samboang. Pantai ini terletak di Kelurahan Ekatiro, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba. Pemandangan di pantai yang lebih cocok disebut tanjung ini benar-benar menyejukkan mata.


Rasanya sayang jika ke Bulukumba, Anda tak menyempatkan singgah di pantai Ujung Tiro yang memiliki udara sangat segar ini. Pemandangan di pantai ini sangat instagramable dan sayang untuk tidak dijadikan sebagai lokasi foto Anda selanjutnya.



7. Pesona Puncak Donggia Kahayya


sumber : twitter.com
Salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian adalah Puncak Donggia Kahayya. Sebuah puncak di bumi panritalopi ini menyajikan panorama yang begitu indah dengan hamparan bebukitan hijau diselimuti kabut indah.


Puncak Donggia Kahayya terletak di Dusun Lurayya, Desa Kahayya, Kecamatan Kindang, Bulukumba. Puncak Donggia Kahayya ini memiliki ketinggian 1400 mdpl. Berjarak sekitar 40 kilometer dai pusat kota Bulukumba dengan waktu tempuh sekitar satu jam.


8. Puncak Pua Janggo


sumber : @alamatmajaya92via instagram
Bagi Anda yang ingin mencari spot selfie terbaik di Bulukumba, maka Anda dapat mengunjungi Puncak Pua Janggo. Pemandangan indah pantai bira dan laut lepas adalah latar begitu keren untuk dijadikan lokasi foto.




Lokasi Puncak Pua Janggo berada tak jauh dari pelabuhan bira. Dari anjungan simata puncak Anda akan menyaksikan sebuah hal yang sungguh mengagumkan. Sayang rasanya jika ke Tanjung Bira tak mampir di lokasi yang sangat instagramable ini.


9. Bakung-bakung


sumber :berita-sulsel.com
Bakung-bakung merupakan tempat terbaik untuk menikmati sunrise di Bulukumba. Bakung -bakung terletak di Dusun Bakung-bakung Desa Lembanna, Kecamatan Bontobahari. Berada tak jauh dari Pantai Apparalang.


Hamparan pohonan hijau yang mengelilingi dan suasana syahdu berpadu dengan kesejukan angin yang senantiasa menyapa Anda di Bakung-bakung.Tempat ini juga sangat layak untuk dijadikan lokasi foto menarik di Bulukumba.



10. Pantai Bara


sumber : @mytrip_myadvntr via instagram


Pantai Bara merupakan pantai indah dengan hamparan pasir yang luas, laut yang biru dan gradasi yang memukau. Pantai berpasir putih ini sangat lembut sehingga merupakan arena terbaik untuk bermain di pantai.


Angin yang bertiup membuat suasana di pantai ini tidak terasa begitu terik. Apalagi di pantai ini banyak ditumbuhi pohonan kelapa yang sangat tinggi.


Pantai Bara terletak di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Untuk penginapan Anda tak perlu khawatir karena Bara Beach Bungalows dan beberapa penginapan lainnya dapat menjadi pilihan menginap yang nyaman selama di Tanjung Bira.


Nikmati keindahan pantai ini dengan berenang di airnya yang begitu jernih. Pantai Bara, pesona air lautnya dengan gradasi warna yang cantik hijau tosca sampai biru tua dan pasir putihnya yang lembut. Dan inilah potret salah satu keindahan pantai di Tanjung Bira.


11. Tebing Panaikang Birayya


sumber : indonesia-tourism.com
Tak kalah keren dengan Pantai Apparalang, Tebing Panaikang Birayya juga menyajikan pemandangan indah dan tempat terbaik untuk cliff jumping.




Pantainya terdapat di bawah tebing yang indah. Air lautnya sangat jernih dan alamnya masih asri. Untuk sampai ke pantai ini Anda harus melakukan perjalanan cukup menantang. Namun, setelah sampai Anda benar-benar akan terpesona oleh keindahannya.


Tebing Panaikang Birayya ini terletak di Desa Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba. Untuk memasuki lokasi ini Anda diharuskan membayar Rp5000,- perorang.


Tebing Panaikang Birayya masih sangat alami dan sepi. Tempat ini masih belum banyak tersentuh tangan manusia. Berada di tempat ini Anda akan merasakan berada di pantai milik pribadi.


12. Wisata Kuliner Lahongka Panorama Bira


sumber : @dionwiyoko via instagram
Ingin menikmati kuliner khas Sulawesi Selatan dan sekaligus menikmati pemandangan menakjubkan, maka Anda dapat mengunjungi Lahongka Panorama Bira.


Di tempat ini Anda dapat menikmati mie titi ditemani view indah dari ketinggian tentunya akan membuat selera makan Anda bertambah.


Lahongka Panorama Bira terletak di Desa Manyampa, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba. Makanan di tempat ini sangat khas  dan pelayanan restoran ini juga sangat ramah. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berwisata kuliner di Bulukumba.


13. Pantai Mandala Ria


sumber : @dwiadhy12 via instagram


Pantai Mandala Ria merupakan pantai cantik selanjutnya yang didiami masyarakat yang memiliki kearifan lokal yang amat mengagumkan.


Di pantai Mandala Ria diproduksi kapal pinisi terbaik yang mendunia. Pantai ini berada dekat dengan pantai Apparalang. Pantai ini merupakan salah satu pantai bersejarah di Bulukumba.


Keberadaan kapal pinisi di pantai ini menjadi pemandangan indah yang membuat Anda akan bahagia berada di tempat ini. Keindahannya sangat layak dijadikan latar indah foto Anda.


Baca juga 7 Tempat Wisata di Pare-Pare Sulawesi Selatan yang Paling Populer.


Itulah tempat wisata terbaik di Bulukumba yang sebenarnya masih banyak lagi keindahan lainnya. Sebuah perjalanan panjang yang amat sulit untuk dilupakan. Pantai-pantai di Bulukumba adalah keindahan yang wajib kita nikmati dan kita jaga kelestariannya.



















 









Sekian dan Terima kasih sudah membaca artikel 13 Tempat Wisata di Bulukumba Sulawesi Selatan Paling Indah dan Menarik. Semoga artikel dari blog Wisata WAW berguna dan memberi manfaat dalam memilih tempat berlibur. Silakan bagikan artikel 13 Tempat Wisata di Bulukumba Sulawesi Selatan Paling Indah dan Menarik tadi ke situs web media anda. Bagikan artikel dari Tempat Wisata melalui media sosial yang ada di bawah. Dan kunjungi Daftar Isi Blog WisawataWAW untuk mendapat informasi lengkap terbaru. Demikan dan sekian tentang 16 Tempat Wisata di Cilegon Paling Populer Wajib Dikunjungi. Dan Assalamualaikum pembaca Tempat Wisata.

Credit Image & Source link: http://bangmamadi.blogspot.com/2017/07/13-tempat-wisata-di-bulukumba-sulawesi.html

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "13 Tempat Wisata di Bulukumba Sulawesi Selatan Paling Indah dan Menarik"

Posting Komentar